Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui kelayakan LKS dari segi validitas untuk melatihkan keterampilan proses sains pada materi zat aditif. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yaitu mendeskripsikan penilaian validitas yang diberikan oleh tim ahli. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar telaah dan lembar validasi. Lembar telaah bertujuan untuk memperoleh saran dan masukan dari dosen pembimbing pada LKS. Lembar validasi digunakan untuk mengetahui kelayakan berdasarkan kriteria kesesuaian isi, penyajian, bahasa, serta kesesuaian dengan model inkuiri terbimbing dan keterampilan proses sains. Teknik analisis data digunakan dalam penelitian ini yaitu mengetahui kelayakan LKS ditinjau dari hasil telaah dosen pembimbing dan validasi tim ahli materi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas VIII-J di SMP Negeri 1 Wonoayu. Berdasarkan hasil validator LKS hasil penilaian validator terhadap kriteria isi pada LKS yang dikembangkan mendapatkan rata-rata skor sebesar 3,60 dengan katagori sangat valid, criteria penyajian 3,1 dengan katagori sangat valid dan criteria bahasa mendapatkan nilai 3 dengan katagori valid. Sehingga LKS yang dikembangkan layak untuk diuji cobakan.
Kata kunci: Keterampilan proses sains, LKS, inkuiri terbimbing
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

