PENERAPAN LKS FOTOSINTESIS BERORIENTASI LEARNING CYCLE 5E UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS KELAS VII SMP

  • WIWIK INDRIANI TRI OKTAVIANTI

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan keterampilan proses sains (KPS) siswa setelah diterapkan pembelajaran dengan menggunakan LKS berorientasi learning cycle 5E pada materi fotosintesis. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pre-Experimental Design dengan rancangan One Group Pre-test and Post-test Design. Pengambilan data penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 2 Buduran semester genap tahun ajaran 2016-2017. Subyek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VII-E. Aktivitas keterampilan proses sains siswa selama kegiatan percobaan pada pertemuan 1 dan 2 mengalami peningkatan dengan persentase rata-rata sebesar 90,4%. Hasil tes keterampilan proses sains dianalisis menggunakan N-Gain score untuk mengetahui adanya peningkatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan proses sains pada setiap aspek mengalami peningkatan dengan reerata sebesar 0,66 dengan kriteria sedang. Ketuntasan klasikal diperoleh sebesar 80%. Mengacu pada hasil penelitian yang telah diperoleh disimpulkan bahwa penerapan lembar kegiatan siswa berorientasi learning cycle 5E dapat meningkatkan KPS siswa.

Kata kunci : Lembar Kegiatan Siswa, Learning Cycle 5E,  Keterampilan Proses Sains.

Published
2017-07-18
How to Cite
INDRIANI TRI OKTAVIANTI, W. (2017). PENERAPAN LKS FOTOSINTESIS BERORIENTASI LEARNING CYCLE 5E UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS KELAS VII SMP. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 5(03). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/20355
Abstract Views: 49
PDF Downloads: 28