RESPON SISWA TERHADAP MODEL EXPERIENTIAL LEARNING PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS VII
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kegiatan pembelajaran di SMPN 21 Surabaya yang belum berbasis praktikum. Tujuan penelitian untuk menerapkan model Experiential Learnin untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa dan mendeskripsikan respon siswa setelah diterapkan model experiential learning pada materi pencemaran lingkungan dalam meningkatkan keterampilan proses sains siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah pre-experimental design. Subjek penelitian ini yaitu siswa Kelas VII-I SMPN 21 Surabaya yang berjumlah 37 siswa. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu metode angket. Instrumen yang digunakan adalah lembar angket respons siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa respon siswa setelah diterapkan model pembelajaran experiential learning pada materi pencemaran lingkungan sangat positif dengan persentase 91,35%.
Kata Kunci: Experiential learning,keterampilan proses sains, pencemaran lingkungan.
PDF Downloads: 77