KEEFEKTIFAN KIT PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI SISTEM TATA SURYA UNTUK SISWA SMP KELAS VII

  • SHANTIE PRAMITHA A

Abstract

Penelitian dilatar belakangi dari kegiatan pembelajaran di SMP Negeri 14 Surabaya pada materi sistem tata surya yang tidak didukung dengan ketersediaan alat peraga yang layak dan menarik. Sistem tata surya merupakan  materi dalam pelajaran yang memuat banyak konsep dan fenomena yang tidak dapat diamati secara langsung sehingga perlu adanya media alat peraga yang mampu menunjukkan konsep sistem tata surya. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media Kit pada materi sistem tata surya untuk meningkatkan pemahaman konsep yang efektif untuk siswa SMP kelas VII. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Subjek uji coba dari penelitian ini adalah 10 siswa kelas VII di SMP Negeri 14 Surabaya. Dari hasil uji coba efektivitas media Kit Sistem Tata Surya diperoleh kesimpulan bahwa media Kit materi sistem tata surya efektif berdasarkan rata-rata peningkatan hasil belajar siswa sebesar 0,74 dengan kriteria tinggi dengan hasil ketuntasan secara signifikan dari pretest ke posttest dengan ketuntasan klasikal sebesar 100% dan dengan persentase 80% peningkatan pemahaman konsep siswa termasuk dalam kriteria Tinggi. Sedangkan berdasarkan rata-rata aktivitas siswa yang dominan mempelajari materi menggunakan media sebesar 83,87% dengan kriteria Sangat kuat.

Kata Kunci: Pengembangan Kit pembelajaran IPA, Pemahaman konsep, Sistem Tata Surya.

Published
2017-07-21
How to Cite
PRAMITHA A, S. (2017). KEEFEKTIFAN KIT PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI SISTEM TATA SURYA UNTUK SISWA SMP KELAS VII. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 5(03). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/20582
Abstract Views: 100
PDF Downloads: 133