PENERAPAN MODEL DIRECT INSTRUCTION UNTUK MENINGKATAN HASIL BELAJARSISWA PADA MATERI SISTEM ORGANISASI KEHIDUPAN

  • ANISA NURMALITA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada materi sistem organisasi kehidupan dengan penerapan model direct instruction. Jenis penelitian yang digunakan yaitu pre experimental design karena dalam penelitian ini menggunakan satu kelas yang diukur tanpa adanya kelas pembanding. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan rancangan penelitian one group pre-test dan post-test design. Pre-test untuk mengukur kemampuan awal siswa sebelum melakukan kegiatan pembelajaran dengan model direct instruction dan post-test untuk melihat peningkatan hasil belajar siswa setelah dilakukan pembelajaran dengan model direct instruction. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIC SMP Negeri 3 Sidoarjo yang berjumlah 33 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model direct instruction dapat meningkatkan hasil belajar dari rata-rata ketuntasan pre-test sebesar 0% menjadi 91% pada post-test. hasil belajar siswa meningkat dengan skor N-gain rata-rata 0,7 dalam kategori sedang.

Kata Kunci: hasil belajar, direct instruction, organisasi kehidupan.

Published
2017-08-02
How to Cite
NURMALITA, A. (2017). PENERAPAN MODEL DIRECT INSTRUCTION UNTUK MENINGKATAN HASIL BELAJARSISWA PADA MATERI SISTEM ORGANISASI KEHIDUPAN. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 5(03). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/21222
Abstract Views: 18
PDF Downloads: 23