PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PEMEROLEHAN KONSEP  UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA KELAS VIII PADA MATERI TEKANAN

  • DEBORA ELOK CHRISTIANI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman siswa ditinjau dari tes pemahaman dengan terdapat 7 aspek didalamnya yaitu interpretasi, mencontohkan, mengklasifikasikan, menggeneralisasikan, inferensi, membandingkan, dan menjelaskan. Jenis penelitian ini adalah penelitian Pre Experimental designs (one group pretest-postetst designs) yang hanya menggunakan satu kelas. Subjek penelitian yaitu siswa kelas VIII-2 yang berjumlah 35 siswa. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu lembar keterlaksanaan pembelajaran, lembar tes pretest-postest dan angket respon siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, metode tes dan angket respon siswa. Hasil dari penelitian ini yaitu adanya peningkatan pemahaman siswa setelah diterapkannya model pembelajaran Pemerolehan Konsep dengan persentase peningkatan N-gain 0,48 dengan katagori sedang. Ditinjau dari angket respon siswa model pembelajaran Pemerolehan Konsep dikatakan efektif untuk meningkatkan pemahaman siswa berdasarkan angket respon yang didapat dengan persentase sebesar 86,39%.  Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka Model Pembelajaran Pemerolehan Konsep mampu Meningkatkan Pemahaman Siswa

Kata kunci:  Model Pembelajaran Pemerolehan Konsep, Pemahaman Siswa.

Published
2017-08-30
How to Cite
ELOK CHRISTIANI, D. (2017). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PEMEROLEHAN KONSEP  UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA KELAS VIII PADA MATERI TEKANAN. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 5(03). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/21476
Abstract Views: 54
PDF Downloads: 77