PENERAPAN STRATEGI STUDENT QUESTIONS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI LISAN PADA MATERI INTERAKSI ANTAR MAKHLUK HIDUP

  • DWIKY ADIWAHYU

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengamati keterlaksanaan pembelajaran, peningkatan keterampilan komunikasi lisan serta mengamati respon siswa pada pembelajaran menggunakan Strategi Student Questions. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian Deskriptif Kuantitatif dengan metode One group pretets postests desain. Subyek penelitian yaitu siswa kelas VII-E SMP Negeri 1 Wonoayu, Sidoarjo. Keterampilan komunikasi yang akan di teliti adalah kemampuan siswa membuat pertanyaan, menyampaikan jawaban, serta cara mengarmugemtasikan jawabanya. Hasil pretest dan postes dianalisis menggunakan uji normalitas. Berdasarkan hasil uji normalitas didapatkan data kelas berdistribusi normal. Jadi dapat dikatakan bahwa kemampuan komunilksi lisan siswa siswa kelas VII-E SMP Negeri 1 Wonoayu meningkat dengan taraf signifikan 0,05. Selain itu pada penilaian kartu pertanyaan menggunakan Glencow (K 2000), dari 36 siswa diperoleh hasil perhitungan rata-rata ketrampilan komunikasi lisan siswa dengan nilai 87,38. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi Student Questions dan Teacher Questions meningkatkan kemampuan berkomunikasi lisan siswa. Respon siswa 97,2% dengan kategori sangat kuat.

Kata Kunci : Strategi Student Questions dan Teacher Questions, komunikasi lisan siswa.

Published
2017-08-30
How to Cite
ADIWAHYU, D. (2017). PENERAPAN STRATEGI STUDENT QUESTIONS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI LISAN PADA MATERI INTERAKSI ANTAR MAKHLUK HIDUP. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 5(03). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/21477
Abstract Views: 22
PDF Downloads: 28