KEEFEKTIFAN PERANGKAT PEMBELAJARAN INKUIRI BERBASIS METODE PICTORIAL RIDDLE PADA MATERI ZAT DAN KARAKTERISTIKNYA

  • FENTI LEVITASARI SANTOSO

Abstract

Tujuan penelitian ini adalahmmendeskripsikanmkeefektifanmperangkatmpembelajaranminkuiri berbasis metode pictorial riddle pada materi zat dan karakteristiknya. Keefektifanhperangkathditinjau darihhasilnbelajarndanbresponbsiswamselamampembelajaran. Metodenpenelitiankyangddigunakanmyaitu rancangan one group pre-test and post-test design. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan meliputimsilabus, RPP, handout, dan lembar kegiatan siswa (LKS). Penelitianhdilakukangdi SMP Negeri 2 Buduran. Hasilhpenelitianwmenunjukkan rata-rata hasil belajar aspek pengetahuan sebesar 83,47% berpredikat cukup (C) dan mengalami peningkatan melalui analisis N-Gain sebesar 0,66 dengan kriteria sedang. Jumlah siswa yang tuntas pada aspek pengetahuan sebesar 87,50%. Hasil belajar siswa aspek keterampilan memperoleh rata-rata sebesar 84,02 dengan predikat baik (B) dan ketuntasan 100%. Siswabmemberikanmrespongpositifgterhadapmpembelajaranwmenggunakan model inkuiri berbasis metode pictorial riddle dengan persentase 93,35%. Dengan demikian dapat disimpulkanwbahwa perangkat pembelajaranminkuiri berbasis metodewpictorialwriddle  efektifmdalam proseskpembelajaranopada materi zat dan karakteristiknya.

Kata kunci: Keefektifan, PerangkatqPembelajaran, Inkuiri Pictorial Riddle.

Published
2017-09-08
How to Cite
LEVITASARI SANTOSO, F. (2017). KEEFEKTIFAN PERANGKAT PEMBELAJARAN INKUIRI BERBASIS METODE PICTORIAL RIDDLE PADA MATERI ZAT DAN KARAKTERISTIKNYA. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 5(03). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/21613
Abstract Views: 40
PDF Downloads: 48