KEEFEKTIFAN INTERACTIVE E-BOOK IPA UNTUK  MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA SMP

  • BENAZIR AMALIA FIRDAUSY

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan interactive e-book IPA dalam meningkatkan kemampuan literasi sains siswa. Jenis penelitian yang digunakan deskriptif kuantitatif dengan rancangan one group pretest-posttest design. Subjek penelitian adalah siswa kelas IX  SMP Negeri 3 Kota Mojokerto sebanyak 15 siswa. Hasil penelitian menunjukkan  bahwa setelah menggunakan interactive e-book IPA, kemampuan literasi sains dapat meningkat dengan signifikan. Peningkatan kemampuan literasi sains siswa pada dimensi pengetahuan mengalamai peningkatan sebanyak 51,5%. Peningkatan kemampuan literasi sains siswa pada dimensi kompetensi mengalami peningkatan sebanyak 41,3%. Peningkatan kemampuan literasi sains siswa pada dimensi konteks mengalami peningkatan sebanyak 45,2%.  Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa interactive e-book IPA efektif untuk meningkatkan kemampuan literasi sains siswa.

Kata Kunci: Interactive e-book IPA, Literasi Sains

Published
2017-09-13
How to Cite
AMALIA FIRDAUSY, B. (2017). KEEFEKTIFAN INTERACTIVE E-BOOK IPA UNTUK  MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA SMP. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 5(03). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/21742
Abstract Views: 225
PDF Downloads: 204