Authors

  • BENAZIR AMALIA FIRDAUSY

DOI:

https://doi.org/10.26740/pensa.v5i03.21742

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan interactive e-book IPA dalam meningkatkan kemampuan literasi sains siswa. Jenis penelitian yang digunakan deskriptif kuantitatif dengan rancangan one group pretest-posttest design. Subjek penelitian adalah siswa kelas IX  SMP Negeri 3 Kota Mojokerto sebanyak 15 siswa. Hasil penelitian menunjukkan  bahwa setelah menggunakan interactive e-book IPA, kemampuan literasi sains dapat meningkat dengan signifikan. Peningkatan kemampuan literasi sains siswa pada dimensi pengetahuan mengalamai peningkatan sebanyak 51,5%. Peningkatan kemampuan literasi sains siswa pada dimensi kompetensi mengalami peningkatan sebanyak 41,3%. Peningkatan kemampuan literasi sains siswa pada dimensi konteks mengalami peningkatan sebanyak 45,2%.  Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa interactive e-book IPA efektif untuk meningkatkan kemampuan literasi sains siswa.

Kata Kunci: Interactive e-book IPA, Literasi Sains

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-09-13

How to Cite

AMALIA FIRDAUSY, B. (2017). PENSA E-JURNAL: PENDIDIKAN SAINS, 5(03). https://doi.org/10.26740/pensa.v5i03.21742
Abstract views: 275 , PDF Downloads: 254