KEEFEKTIFAN INTERACTIVE E-BOOK IPA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA SMP
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan interactive e-book IPA dalam meningkatkan kemampuan literasi sains siswa. Jenis penelitian yang digunakan deskriptif kuantitatif dengan rancangan one group pretest-posttest design. Subjek penelitian adalah siswa kelas IX SMP Negeri 3 Kota Mojokerto sebanyak 15 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah menggunakan interactive e-book IPA, kemampuan literasi sains dapat meningkat dengan signifikan. Peningkatan kemampuan literasi sains siswa pada dimensi pengetahuan mengalamai peningkatan sebanyak 51,5%. Peningkatan kemampuan literasi sains siswa pada dimensi kompetensi mengalami peningkatan sebanyak 41,3%. Peningkatan kemampuan literasi sains siswa pada dimensi konteks mengalami peningkatan sebanyak 45,2%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa interactive e-book IPA efektif untuk meningkatkan kemampuan literasi sains siswa.
Kata Kunci: Interactive e-book IPA, Literasi Sains
PDF Downloads: 204