KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA DALAM PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI IPA SMP

  • NOVIN WEGASANTI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan proses sains siswa setelah diterapkan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi getaran dan gelombang. Penelitian ini menggunakan penelitian pre-experimental design menggunakan rancangan percobaan One Group Pretest Posttest Design. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas VIII-E dan VIII-F di SMP Negeri 2 Dlanggu. Data hasil keterampilan proses sains siswa dianalisis menggunakan N-Gain score. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan proses sains siswa mengalami peningkatan di kelas VIII-E dan VIII-F. Kelas VIII-E memperoleh N-Gain score sebesar 0,72 dengan kategori tinggi dan pada kelas VIII-F memperoleh N-Gain score sebesar 0,70 dengan kategori tinggi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan model inkuiri terbimbing dalam pembelajaran IPA dapat melatihkan keterampilan proses sains siswa SMP.

Kata kunci : Inkuiri Terbimbing, Keterampilan Proses Sains

Published
2017-09-14
How to Cite
WEGASANTI, N. (2017). KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA DALAM PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI IPA SMP. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 5(03). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/21796
Abstract Views: 82
PDF Downloads: 357