HASIL KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS VII MELALUI PENERAPAN LKS BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL

  • SELSA FABIOLA BESARI

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hasil keterampilan proses sains siswa kelas VII melalui penerapan LKS berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi pemanasan global. Penelitian ini mengacu pada desain penelitian One Group Pre-test Post-test Design. Penilaian keterampilan proses sains siswa didasarkan pada dua macam tes yaitu pre-test (sebelum diterapkan LKS) dan post-test (setelah diterapkan LKS). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-D SMP Negeri 3 Sidoarjo sebanyak 33 orang siswa. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil tes keterampilan proses sains diperoleh dengan rata-rata nilai N-gain sebesar 0,54 dengan kriteria sedang dan ketuntasan tiap aspek keterampilan proses sains pada post-test  sebesar 74,7% serta 26 orang siswa dari 33 siswa dinyatakan tuntas pada hasil post-test dengan nilai ketercapaian >60.  

Kata Kunci: Keterampilan Proses Sains, LKS Berbasis PBL

Published
2017-10-23
How to Cite
FABIOLA BESARI, S. (2017). HASIL KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS VII MELALUI PENERAPAN LKS BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 6(01). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/22018
Abstract Views: 76
PDF Downloads: 74