PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENGATASI MISKONSEPSI SISWA SMP PADA MATERI FOTOSINTESIS

  • ITA Viana VIANA DWI APRILIYA MURNIAT Program Studi Pendidikan Sains FMIPA UNESA

Abstract

Abstrak

Penelitian tentang penerapan pendekatan CTL untuk mengatasi miskonsepsi pada materi fotosintesis bertujuan untuk mendeskripsikan profil miskonsepsi pada materi fotosintesis, mendeskripsikan keterlaksanaan dan pengelolaan pembelajaran, mendeskripsikan aktivitas siswa, dan mendeskripsikan ketuntasan hasil belajar siswa. Rancangan penelitian yang digunakan adalah “One Group Pre-Test Post-Test Design” yang dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua kali pertemuan dengan jumlah subyek penelitian sebanyak 32 siswa SMP Negeri 1 Babat. Hasil penelitian menunjukkan persentase miskonsepsi terbesar adalah konsep yang menyatakan malam hari tumbuhan melakukan respirasi dan menghasilkan CO2 yaitu sebesar 56%. Miskonsepsi yang paling kuat yang dialami oleh siswa adalah pada konsep yang menyatakan hanya daun yang berwarna hijau yang mampu melakukan fotosintesis diketahui dari nilai CRIS sebesar 3,11. Untuk langkah-langkah pembelajaran pada RPP telah terlaksana dengan baik. Aktivitas siswa yang paling dominan adalah mendengarkan penjelasan guru dengan presentase rata-rata sebesar 35,80%. Untuk ketuntasan belajar siswa pada waktu pre-test hanya terdapat 1 siswa yang tuntas dengan ketuntasan klasikal sebesar 3,12%, sedangkan ketuntasan hasil belajar siswa pada waktu postest terdapat 29 siswa yang tuntas dan 3 siswa yang tidak tuntas dengan ketuntasan klasikal sebesar 90,63%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat peneliti simpulkan bahwa dengan pembelajaran menggunakan pendekatan CTL mampu mengatasi miskonsepsi pada siswa untuk materi fotosintesis.

Kata Kunci: Pendekatan Contextual Teaching and Learning; Profil Miskonsepsi; dan fotosintesis.

Abstract

Research on the implementation of Contextual Teaching and Learning (CTL) approach to overcome misconception on photosynthesis process aimed to describe the misconception profile on photosynthesis process, describe the teaching learning process, describe the activity of students, and describe the student achievement. Research design was one group pre-test post-test design, which was analyzed of descriptively. This research has been accomplished in two meetings with the number of research subjects 32 student of SMP Negeri 1 Babat. The result shows that the largest percentage of misconception that plant conduct the respiration during the night and conduct the photosynthesis during the day as that of 56%. The most strong of misconception experienced in students are the concept that only the green leaves are able to conduct  photosynthesis process, that is known from the value of CRIS of 3,11. The steps of teaching learning process in RPP have done well. The most dominant students activity is listening teacher explanation with the average percentage of 35,80%. There was one student who could not master the content during the pre-test, it could with classical mastery of 3,12%, while 29 student could master the content during the post-test with classical mastery of 90,63%. From these result be concluded that the CTL approach could overcome the student misconception in photosynthesis process.

Keywords: Contextual Teaching and Learning approaches; Profile Misconception; and Photosynthesis.

Published
2013-05-07
How to Cite
VIANA DWI APRILIYA MURNIAT, I. (2013). PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENGATASI MISKONSEPSI SISWA SMP PADA MATERI FOTOSINTESIS. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 1(02). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/2212
Section
Articles
Abstract Views: 264
PDF Downloads: 200