UJI COBA PEMBELAJARAN IPA TERPADU DENGAN LKS BERORIENTASI GUIDED DISCOVERY UNTUK MELATIH KETERAMPILAN BERPIKIR ILMIAH PADA TEMA ES LILIN

  • RIZQI Ayu AYU .PRAWESTI Program Studi Pendidikan Sains FMIPA UNESA

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mengetahui capaian hasil belajar kognitif produk, capaian keterampilan berpikir ilmiah, dan respons siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan LKS berorientasi guided discovery untuk melatih keterampilan berpikir ilmiah pada tema Es Lilin. Penelitian ini diujicobakan pada 12 siswa kelas VIII SMP Negeri Ngusikan Jombang. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang mendeskripsikan capaian hasil belajar kognitif produk, capaian keterampilan berpikir ilmiah, dan respons siswa setelah menggunakan LKS berorientasi guided discovery untuk melatih keterampilan berpikir ilmiah. Capaian hasil belajar kognitif produk diperoleh hasil persentase sebesar 75%. Untuk capaian keterampilan berpikir ilmiah diperoleh persentase sebesar 83,3%. Siswa merespons pembelajaran IPA terpadu menggunakan  LKS  berorientasi guided discovery untuk melatih keterampilan berpikir ilmiah pada tema Es Lilin dengan positif. Simpulan penelitian ini adalah pembelajaran IPA terpadu dengan LKS berorientasi guided discovery untuk melatih keterampilan berpikir ilmiah pada tema Es Lilin dapat tercapai hasil belajar kognititf produk dan keteramilan berpikir ilmiah serta siswa merespons positif.

Kata Kunci: LKS, guided discovery, keterampilan berpikir ilmiah, tema es lilin

 

Abstract

The purposes of this research are to find out the achievement of study result of the cognitive, achievement of scientific thinking skills, and the student's response after following learning using student worksheets of oriented guided discovery to practice scientific thinking skills on the theme of ‘Es Lilin’. This research has been implemented to 12 students in grade VIII SMP Negeri Ngusikan Jombang. This research is a descriptive research that describes achievement of study result of the cognitive, achievement of scientific thinking skills, and the student's response after using student worksheets of oriented guided discovery to practice scientific thinking skills. Achievement of study result of the cognitive is obtained the percentage of 75%. For the achievement of scientific thinking skills is obtained the percentage of 83.3%. Students responded to an integrated science learning using student worksheets oriented guided discovery to practice scientific thinking skills with a positive at the theme of Es Lilin. The conclusions of this research are an integrated science learning with student worksheets oriented guided discovery to practice scientific thinking skills on the theme of Es Lilin can achieved study result of the cognitive, scientific thinking skills and the students’s response positive.

Keywords: student worksheets, guided discovery, scientific thinking skills, the theme of ‘Es Lilin’

 

Published
2013-05-09
How to Cite
AYU .PRAWESTI, R. (2013). UJI COBA PEMBELAJARAN IPA TERPADU DENGAN LKS BERORIENTASI GUIDED DISCOVERY UNTUK MELATIH KETERAMPILAN BERPIKIR ILMIAH PADA TEMA ES LILIN. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 1(02). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/2217
Section
Articles
Abstract Views: 46
PDF Downloads: 56