VALIDITAS DAN KEPRAKTISAN BUKU AJAR IPA SMP BERBASIS ETNOSAINS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KLASIFIKASI SISWA SMP

  • AMANAH PUSPANINGTYAS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat kevalidan dan kepraktisan buku ajar IPA SMP berbasis etnosains untuk meningkatkan keterampilan proses klasifikasi siswa SMP. Penelitian ini menggunakan metode R & D. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah One Group pre-test and post-tes design. Kevalidan buku ajar IPA SMP berbasis etnosains ini dilakukan oleh dua ahli yaitu dua dosen FMIPA Unesa dan satu guru IPA SMP. Kepraktisan buku ajar ini diuji melalui angket respon siswa. Siswa yang digunakan sebagai subjek penelitian yaitu siswa kelas VII SMP Islam Al-Ahzar 13 Surabaya tahun ajaran 2017/2018. Hasil dari penelitian ini yaitu data validitas yang menunjukkan buku ajar berbasis etnosains pada submateri klasifikasi tumbuhan memiliki kategori sangat valid dalam aspek kevalidan dengan skor rata-rata 90%. Selain itu, menurut aspek kepraktisan yang diperoleh dari angket respon siswa memiliki nilai rata-rata sebesar 95,83% dengan kategori baik sekali. Kedua hasil tersebut menunjukkan bahwa buku ajar IPA SMP berbasis etnosains layak untuk digunakan.

Kata Kunci: Buku ajar IPA SMP, etnosains, keterampilan klasifikasi.

Published
2018-01-04
How to Cite
PUSPANINGTYAS, A. (2018). VALIDITAS DAN KEPRAKTISAN BUKU AJAR IPA SMP BERBASIS ETNOSAINS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KLASIFIKASI SISWA SMP. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 6(01). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/22340
Abstract Views: 87
PDF Downloads: 107