PENERAPAN MEDIA KOMIK SAINS UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL

  • A. H. Bahroini Ilma

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hasil belajar siswa SMP Negeri 21 Surabaya setelah pembelajaran IPA materi pemanasan global menggunakan media komik sains. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis pre-eksperimen. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII A, VII B, dan VII C SMP Negeri 21 Surabaya pada semester genap tahun ajaran 2016/2017. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, lembar penilaian hasil belajar, dan lembar angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran ketiga kelas telah terlaksanan dengan sangat baik dan memperoleh skor rata-rata sebesar 82,31%. Hasil belajar siswa setelah menggunakan media komik sains mengalami peningkatan, jika direrata adalah 84,61 dan mendapatkan skor N-gain 0,59 yang termasuk dalam kategori sedang. Angket respon siswa yang telah disebar menunjukkan respon positif dan mendapat hasil sebesar 82,14% yang merupakan kategori sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan media komik sains memberikan hasil yang baik dan dapat diterapkan di kelas untuk meningkatkan hasil belajar siswa, membangkitkan motivasi belajar, dan membuat pembelajaran lebih menyenangkan.

Kata kunci: Penerapan, Komik Sains, Hasil Belajar, Pemanasan Global

Published
2018-01-18
How to Cite
H. Bahroini Ilma, A. (2018). PENERAPAN MEDIA KOMIK SAINS UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 6(01). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/22551
Abstract Views: 39
PDF Downloads: 46