PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS MELALUI PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG

  • OKY PURWO TEO P

Abstract

Pada Kurikulum 2013 kegiatan pembelajaran sepenuhnya diarahkan pada pengembangan ranah pengetahuan, sikap, dan keterampilan dan diperkuat dengan penerapan pembelajaran berbasis penelitian pembelajaran inkuiri, sedangkan keterampilan proses sains wajib dipelajari dan dikuasai agar dapat menunjang proses pembelajaran IPA. Penelitian ini mendeskripsikan kelayakan lembar kerja siswa, keterlaksanaan pembelajaran, aktivitas siswa, hasil belajar siswa,  peningkatan keterampilan proses sains siswa, dan respon siswa terhadap pembelajaran inkuiri terbimbing. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan dengan rancangan uji  coba One group pretest-posttest design. Subjek uji coba yang digunakan pada penelitian ini adalah siswa VIII-H SMP Negeri 01 Jabon. Hasil Penelitian ini menunjukkan aktivitas pengembangan keterampilan proses sains siswa pertemuan I hingga pertemuan II mengalami peningkatan yaitu 3,00 (baik), dan 3,36 (sangat baik). Keterampilan proses sains siswa pada tiap aspek memiliki skor N-gain sebesar 0,76 (tinggi) aspek merumuskan masalah, aspek merumuskan hipotesis sebesar 0,67 (sedang), mengidentifikasi variabel 0,02 (Rendah), aspek menyimpulkan data 1,00 (tinggi), dan keterampilan mengkomunikasikan 0,17 .

Kata Kunci: inkuiri terbimbing, keterampilan proses IPA

Published
2018-01-25
How to Cite
PURWO TEO P, O. (2018). PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS MELALUI PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 6(01). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/22677
Abstract Views: 63
PDF Downloads: 51