TINJAUAN VALIDITAS, KEPRAKTISAN, DAN KEEFEKTIFAN BOOKLET SAINS TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK SMP
Abstract
Penelitiannininbertujuannuntuknmendeskripsikannvaliditasnkepraktisan, dannkeefektifan booklet sains terhadapnkemampuannliterasinsainsnpesertandidik. Booklet sains sebagainbahanlajarlinildikembangkan denganlmenggunakanlmodellADDIE. Subjeklpenelitianliniladalahl16lpesertaldidiklkelaslVII-A dilSMPN 55lSurabaya. Hasillpenelitianlterhadaplvaliditaslbookletlsainslmenunjukkanlskor rata-ratal3,64 (Sangat Valid), silabuslsebesarl3,54 (SangatlValid), RPPlsebesar 3,57 (SangatlValid), LKPDlsebesar 3,70 (Sangat Valid), dan kisi-kisinsoal sebesarn3,28 (Valid). Hasil kepraktisan booklet sainsnmenunjukkannbahwa keterbacaanlbooklet sainslterletak pada level 7lsesuai denganltingkat pendidikanlkelas VIIlSMP. Selainlitu keterlaksanaanlpembelajaran IPA menggunakanlbooklet sainslberlangsung sangatlpraktis dengan skor rata-rata kegiatannpendahuluan sebesar 3,90 (Sangat Baik), kegiatan inti sebesar 3,69 (SangatnBaik), dan kegiatanlpenutuplsebesar 3,92 (Sangat Baik). Hasil keefektifanlbooklet sains dapat dilihatldarilpencapaian kemampuannliterasi sains peserta didik yangnmengalaminpeningkatan dengan skor N-Gainlsebesar 0,76 denganmkategori tinggi. Peningkatan kemampuan literasi sains peserta didik pada dimensi konten memperolehlskor N-Gain 0,79 dengan kategoriltinggi, dimensi proses sebesar 0,80 denganlkategoriltinggi, danldimensilkonteks sebesar 0,77 dengan kategori tinggi.
Kata Kunci: validitas, kepraktisan, keefektifan, booklet sains, literasi sains.
PDF Downloads: 104