KEEFEKTIFAN PERANGKAT MODEL PEMBELAJARAN PEMAKNAAN PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN DI SMPN 28 SURABAYA

  • INKA DURORIN NABILAH

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keefektifan perangkat model pembelajaran Pemaknaan pada materi Sistem Pencernaan di SMPN 28 Surabaya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian model 4D yang meliputi 4 tahap namun hanya sampai pada tahap pengembangan (develop), yaitu dengan melakukan uji coba terbatas.  Namun pada penelitian ini hanya sampai pada tahap pengembangan atau dalam model 4-D pada tahap develop yaitu dengan melakukan uji coba terbatas. Uji coba terbatas dilakukan kepada 15 siswa kelas VIII-C SMPN 28 Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keefektifan perangkat pembelajaran diperoleh dari hasil belajar dan respon peserta didik. Hasil belajar peserta didik aspek sikap diperoleh sikap yang paling menonjol adalah sikap saling bekerjasama dan bertanggung jawab. Peningkatan aspek sikap juga dapat dilihat pada setiap aspek sikap pada setiap pertemuan. Salah satu contohnya adalah aspek sikap saling bekerjasama pada pertemuan pertama dan ketiga, yaitu dari 80% menjadi 93%. Pada aspek pengetahuan diperoleh rata-rata peningkatan melalui analisis N-Gain sebesar 0,40 dengan kriteria sedang. Peningkatan nilai keterampilan peserta didik dapat dilihat dari perolehan rata-rata persentase dari pertemuan pertama hingga ketiga secara berturut-turut adalah 78,67%, 80,00%, dan 84,40%  dan 83,33% peserta didik memberikan respon yang positif terhadap perangkat pembelajaran yang dikembangkan.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Pemaknaan, keefektifan

Published
2018-02-02
How to Cite
DURORIN NABILAH, I. (2018). KEEFEKTIFAN PERANGKAT MODEL PEMBELAJARAN PEMAKNAAN PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN DI SMPN 28 SURABAYA. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 6(01). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/22802
Abstract Views: 69
PDF Downloads: 62