KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMP NEGERI 1 SIDAYU GRESIK PADA MATERI ZAT ADITIF

  • ALFI RIYATNA HAMIDIYAH

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan proses sains setelah model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi zat aditif diterapkan. Pre experimental design merupakan jenis penelitian yang digunakan dengan rancangan penelitian One group pre-test and post-test design. Subjek penelitian yang digunakan adalah siswa SMP Negeri 1 Sidayu Gresik kelas VIII D. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan metode tes (pretest dan posttest) keterampilan proses sains. Peningkatan keterampilan proses sains siswa dianalisis dengan menggunakan uji N-Gain Score. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa rata-rata pretest siswa mendapat skor sebesar 32,96 dan rata-rata posttest siswa mendapat skor sebesar 74,07 dengan ketuntasan klasikal pada posttest sebesar 78%. Keterampilan proses sains tiap aspek juga dari hasil pretest mendapat skor sebesar 27,78 dan hasil posttest sebesar 74,54. Peningkatan keterampilan proses sains siswa tersebut dikategorikan sedang dengan indeks gain 0,62.

Kata Kunci: Inkuiri Terbimbing, Keterampilan Proses Sains, Zat Aditif

Published
2018-02-09
How to Cite
RIYATNA HAMIDIYAH, A. (2018). KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMP NEGERI 1 SIDAYU GRESIK PADA MATERI ZAT ADITIF. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 6(01). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/22849
Abstract Views: 80
PDF Downloads: 93