PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA TERPADU TIPE INTEGRATED BERORIENTASI INKUIRI PADA TEMA MIKROBA DALAM LINGKUNGAN UNTUK SMP KELAS VIII

  • NAZARUL ACHMAD Y. Program Studi Pendidikan Sains FMIPA UNESA
  • MUSLIMIN IBRAHIM Jurusan Biologi FMIPA UNESA

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran IPA Terpadu tipe integreted  berorientasi inkuiri pada tema mikroba dalam lingkungan yang ditinjau dari aspek kebenaran konsep, tingkat kesukaran, tingkat keterbacaan, kesesuaian RPP dengan kaidah integrasi dan inkuiri, keterlaksanaan RPP, Hasil belajar siswa, dan respon siswa. Proses penyebaran ini mengacu pada model 4D (Define, Disgn, Develop and Dissseminate). Tahap define didapat bahwa SMP Negeri 1 Sidayu menggunakan kurikulum KTSP, namun dalam implementasinya belum mengajarkan IPA secara terpadu. Tahap design menghasilkan draf 1 yakni desain awal perangkat pembelajaran IPA terpadu. Tahap develop didapatkan saran untuk perbaikan perangkat dari draf 1 menjadi draf 2. Selanjutnya perangkat pembelajaran diujicobakan pada 32 siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sidayu dan divalidasi oleh 2 dosen ahli FMIPA serta 1 praktisi dari SMP Negeri 1 Sidayu. Hasil validasi dosen serta guru IPA pada perangkat pembelajaran yang terdiri dari silabus, RPP, buku siswa, LKS dan lembar evaluasi berturut-turut diperoleh skor 3,6, 3,7, 3,7, 3,7, dan 3,7 dengan nilai maksimal 4. Persentase rata-rata tingkat kesukaran hand out dan LKS sebesar 15,17%, Persentase rata-rata tingkat keterbacaan sebesar 91% dan 80,6%. Keterlaksanaan RPP pda pertemuan I:88,7%, pertemuan II:90,5% dan pertemuan III:91,0%. Hasil belajar siswa yang dilihat dari ketercapaian indikator kognitif produk, proses, afektif, dan psikomotor berturut-turut mendapat persentase sebesar 74,2%, 79,7%, 73,3%, dan 75,7%. Ketuntasan belajar klasikal sebesar 78,1%, dan Respon siswa positif yakni sebesar 89,93%. Dari hasil validasi, tingkat kesukaran, tingkat keterbacaan, tingkat keterlaksanaan, hasil belajar siswa dari ketercapaian indikator dan respon siswa dapat diinterpretasikan perangkat sangat layak.

Kata kunci: Kelayakan Perangkat Pembelajaran IPA Terpadu, Inkuiri, Mikroba Dalam Lingkungan

Abstract

This study aims to describe the feasibility of the integrated science teaching inquiry oriented integreted type on microbe in environment theme viewed from the aspect of truth concept, difficulty level, readability, conformity lesson plan with the rules of integration and inquiry, holding lesson plans, student learning results, and student responses. This study refers to the 4D (Define, Disgn, Develop and Dissseminate) models which to develop  stage. On define phase is found that SMPN 1 Sidayu using KTSP curriculum, but it is implementation has not been taught science in an integrated manner. Design stage produces draft 1 an initial the desain of the integrated science learning. Stages develop acquired suggestions for improvement of the draft 1 to draft 2. Further learning device tested on 32 students in grade VIII SMPN1 Sidayu and validated by 2 and 1 Natural Sciences faculty expert practitioners of SMPN 1 Sidayu. The results of the validation teachers and science teachers in the learning device consisting of a syllabus, lesson plans, student books, worksheets and evaluation sheets successively obtained scores 3.6, 3.7, 3.7, 3.7, and 3.7. The percentage of the average level of difficulty and hand out worksheets at 15.17%, the average percentage rate of legibility are 91% and 90.6%. holding lesson plan of meeting I: 88.7%, meeting II: 90.5% and meeting III: 91.0%. Student learning outcomes is seen from the indicators of student achievement of cognitive products, processes, affective, and psychomotor row gets a percentage of 74.2%, 79.7%, 73.3%, and 75.7%. Studied classical completeness of 78.1%, and the student response is positive which amounted to 89.93%. Validation results of, difficulty, level, readability level, holding level, student learning outcomes and indicators of achievement of student responses can be interpreted in the highly feasible

Key words: the feasibility of the IPA Integrated learning, inquiry, microbe in environment

How to Cite
ACHMAD Y., N., & IBRAHIM, M. (1). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA TERPADU TIPE INTEGRATED BERORIENTASI INKUIRI PADA TEMA MIKROBA DALAM LINGKUNGAN UNTUK SMP KELAS VIII. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 1(01). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/2304
Section
Articles
Abstract Views: 78
PDF Downloads: 63