Keefektifan LKS Guided Discovery Berbasis Etnosains untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP

  • RAHMA AYUNDA BASKORO

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan keefektifan LKS Guided Discovery berbasis etnosains. Aspek keefektifan dapat dilihat dari hasil tes pretest dan posttest siswa serta respon siswa. Hasil pretest memperoleh rata-rata sebesar 40,80% dan hasil posttest memperoleh rata-rata 81,09% sehingga hasil belajar siswa mengalami kenaikan sebesar 40,29%. Kemudian memperoleh rata-rata skor N-gain sebesar 0,67 dengan kategori sedang. Hasil respon siswa memperoleh persentase total sebesar 92.29% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil dari data yang telah diperoleh dapat disimpulkan bahwa LKS Guided Discovery berbasis etnosains dapat dikategorikan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata Kunci : Kelayakan LKS, Guided discovey, Etnosains, , Hasil belajar
Published
2018-05-16
How to Cite
AYUNDA BASKORO, R. (2018). Keefektifan LKS Guided Discovery Berbasis Etnosains untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 6(02). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/23168
Abstract Views: 36
PDF Downloads: 29