KELAYAKAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA UNTUK SISWA SMP KELAS VIII

  • DEDY KURNIAWAN

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan media pembelajaran komik pada materi sistem pencernaan manusia. Keefektifan media ini ditinjau dari peningkatan hasil belajar siswa berdasarkan hasil pretest (sebelum penggunaan media) dan postest (setelah penggunaan media). Jenis penelitian ini ialah penelitian yang menggunakan metode research and development (R&D). Hasil penelitian yang diperoleh yaitu peningkatan hasil belajar siswa yang tercapai dengan baik dengan rincian seluruh siswa mengalami peningkatan hasil belajar. Hasil pretest dan posttest memperoleh N-gain rata-rata sebesar 0,76 dengan kategori tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa media komik sangat efektif digunakan sebagai media pembelajaran untuk meningkatan hasil belajar siswa.

Kata kunci : Media Pembelajaran, Komik, Sistem Pencernaan Manusia

Published
2018-05-16
How to Cite
KURNIAWAN, D. (2018). KELAYAKAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA UNTUK SISWA SMP KELAS VIII. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 6(02). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/23172
Abstract View: 81
PDF Download: 85