KEPRAKTISAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP
Abstract
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kepraktisan LKS berbasis inkuiri terbimbing untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis siswa SMP melalui aktivitas siswa selama pembelajaran berlangsung dengan menggunakan LKS yang di kembangkan oleh peneliti. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan menggunakan model pengembangan 4-D (Four-D Model). Penelitian ini mengacu pada prosedur pengembangan Thiagarajan, S., Semmel, D. S & Semmel, M.I. yaitu tahap Define (Pendefinisian) hingga tahap Develop (Pengembangan). Hasil rata-rata persentase aktivitas siswa yang diperoleh pada LKS I sebesar 95,70% dan pada LKS II sebesar 96,09% dengan kategori sangat praktis. Hal ini menunjukkan bahwa LKS berbasis inkuiri terbimbing untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis sangat praktis digunakan sebagai media pembelajaran. Kata kunci: Lembar Kerja Siswa (LKS), berpikir kritis, perubahan iklimAbstract This study aims to describe the practicality of guided inquiry-based worksheets to train critical thinking skills of junior high school students through student activities during learning by using LKS developed by researchers. The type of research used in this study is to use a 4-D (Four-D Model) development model. This study refers to the development procedures of Thiagarajan, S., Semmel, D. S & Semmel, M.I. namely the Define stage to the Development stage. The results of the average percentage of studentactivities obtained in LKS I were 95.70% and in LKS II were 96.09% with very practical categories. This shows that guided inquiry-based LKS to train critical thinking skills is very practical to be used as a learning medium.Keywords: Student Worksheet (LKS), critical thinking, climate change
Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
2018-09-04
How to Cite
RAHAYU KHUDORI, D., & YULIANI. (2018). KEPRAKTISAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 6(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/25408
Issue
Section
Articles

