Penerapan Strategi Belajar PQ4R pada Materi Interaksi Atara Makhluk Hidup dengan Lingkungan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
DOI:
https://doi.org/10.26740/pensa.v7i1.26439Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa setelah dilakukan penerapan strategi belajar PQ4R. Jenis penelitian yang digunakan adalah pra eksperimental dengan rancangan one group pre-test post-test design. Sampel yang digunakan dalam penelitian adalah siswa kelas 7A dan 7B SMP Negeri 1 Kembangbahu yang masing-masing berjumlah 29 siswa untuk tiap kelasnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perbedaan hasil belajar siswa antara Pre-test dan pos-test dikatakan signifikan, hal tersebut diketahui melalui perhitungan uji-t berpasangan dimana thitung > ttabel yaitu pada kelas 7A sebesar 7,04 dan thitung pada kelas 7B sebesar 14,06 sedangkan ttabel sebesar 2,07 dengan taraf signifikan ?=0,05. Analisis uji N-Gain menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dimana nilai rata-rata N-Gain sebesar 0,56 pada kelas 7A dan 0,54 pada kelas 7B dengan kategori sedang. Hasil uji-t terhadap peningkatan hasil belajar siswa dengan dk=( = 56 dan peluang (1-1/2?); ?= 0,05 diperoleh = 2,00; hal tersebut menunjukkan rata-rata hasil N-Gain Score materi perpindahan kalor pada kelas 7A sama dengan rata- rata hasil N-Gain Score kelas 7B. Siswa memberikan respon yang sangat baik terhadap penerapan strategi belajar PQ4R dengan persentase siswa yang memberikan jawaban positif adalah 98,69% pada kelas 7A dan 96,97% padakelas 7B.
Kata kunci : Pembelajaran, PQ4R, Hasil Belajar.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Abstract views: 69
,
PDF Downloads: 79














