Keefektifan Lembar Kerja Siswa Berbasis Inkuiri untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis pada Materi Suhu dan Perubahannya

Authors

  • NUR LAILI SUCI ANGGRAENI
  • ISMONO

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKS yang layak berdasarkan aspek keefektifan yang meliputi hasil tes keterampilan berpikir kritis. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan Research and Development yang terdiri dari tiga tahapan yaitu pendahuluan, pengembangan dan pengujian, tetapi dalam penelitian ini dibatasi sampai pada tahap pengembangan dengan uji coba terbatas. Pengembangan LKS diujicobakan pada 15 siswa kelas VIII SMP Al Falah Deltasari. Ujicoba menggunakan rancangan one group pretest-posttest design. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui hasil tes keterampilan berpikir kritis. Hasil kelayakan LKS berdasarkan aspek keefektifan yaitu hasil tes keterampilan berpikir kritis siswa didapatkan melalui pretest dan posttest mendapatkan Gain 0,54 dengan kriteria sedang. Selain itu, pada penelitian ini diperoleh hasil peningkatan berpikir kritis dari indikator inferensi sebesar 72,4% dengan kriteria sedang, analisis sebesar 77,3%. dengan kriteria sedang, dan eksplanasi sebesar 82,4% dengan kriteria sedang, sehingga LKS berbasis inkuiri untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis siswa layak digunakan dalam proses pembelajaran

Kata kunci : Lembar Kerja Siswa, Inkuiri, Keterampilan Berpikir Kritis, Materi Suhu dan Perubahannya.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-01-16

How to Cite

LAILI SUCI ANGGRAENI, N., & ISMONO. (2019). Keefektifan Lembar Kerja Siswa Berbasis Inkuiri untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis pada Materi Suhu dan Perubahannya. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 7(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/26635

Issue

Section

Articles
Abstract views: 5 , PDF Downloads: 59