KETERLAKSANAAN PEMBELAJARAN IPA TERPADU BERBASIS LEARNING CYCLE PADA TEMA PENCEMARAN AIR DI MTsN PARTEKER PAMEKASAN

  • RINA Mardiyanti MARDIYANTI IMRAN Program Studi Pendidikan Sains FMIPA UNESA

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan model pembelajaran siklus belajar dan respons siswa. Jenis penelitian ini adalah pra eksperimental dengan menggunakan satu kelas sebagai sasaran penelitian yaitu kelas VII-A MTsN Parteker Pamekasan sebanyak 32 siswa. Rancangan penelitian yang digunakan adalah One Shot Case Study. Parameter yang diukur dalam penelitian ini adalah keterlaksanaan model pembelajaran siklus belajar dan respon siswa. Analisis data secara deskriptif kuantitatif. Hasil pengamatan menunjukkan bahwa keterlaksanaan model pembelajaran siklus belajar (learning cycle) pada pembelajaran IPA terpadu tema pencemaran air memperoleh skor rata-rata 3,55 dengan kategori sangat baik. Respon siswa memperoleh persentase rata-rata sebesar 93,5%, hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model siklus belajar (learning cycle) dapat memberikan respons yang positif dan diterima dengan baik oleh siswa.

Kata kunci : model pembelaja ran siklus belajar (learning cycle), pencemaran air, dan respon siswa

 

Abstract

This research was aimed to describe the realization of learning cycle instruction model, and student response. Type of this research was pre experimental by using a classroom as target research that was VII-A classroom in MTsN Parteker Pamekasan as much 32 students. Design of research used was one shot case study.  The parameter measured in this research is learning cycle instruction model, and student response. Descriptive quantitative of analysis data. The observation result shows that realization of leaning cycle instruction model on integrated science topic of water pollution transpired with score was 3,55 with excellent. Student response achieved average percentage 93.5%, this showed that teaching and learning using learning cycle model could given positive response and good accepted by students.

Keywords: learning cycle instruction model, water pollution, and student respons

Published
2013-05-25
How to Cite
MARDIYANTI IMRAN, R. (2013). KETERLAKSANAAN PEMBELAJARAN IPA TERPADU BERBASIS LEARNING CYCLE PADA TEMA PENCEMARAN AIR DI MTsN PARTEKER PAMEKASAN. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 1(02). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/2674
Section
Articles
Abstract Views: 31
PDF Downloads: 30