Pengembangan Perangkat Pembelajaran Metode Simulasi pada Materi Tata Surya untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan keefektifan perangkat pembelajaran metode simulasi pada materi tata surya. Aspek keefektifan dilihat dari hasil belajar siswa dan angket respon siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah One Group Pretest Posttest Design dengan 24 siswa. Hasil rata-rata yang didapatkan pada Pretest adalah 54 dan rata-rata pada Posttest adalah 85 dengan peningkatan nilai yang dihitung dengan N-gain dengan skor 0,6 dengan kategori sedang. Hasil respon siswa didapatkan presentase 92% dengan kategori sangat baik. Kesimpulkan dari penelitian ini bahwa perangkat pembelajaran metode simulasi efektif untuk meningkatkan hasil belajarDownloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
2019-03-14
How to Cite
SETIAWAN, A., & ISNAWATI. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Metode Simulasi pada Materi Tata Surya untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 7(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/27096
Issue
Section
Articles

