Pengembangan Perangkat Pembelajaran Metode Simulasi pada Materi Tata Surya untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Authors

  • APRIN SETIAWAN
  • ISNAWATI

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan keefektifan perangkat pembelajaran metode simulasi pada materi tata surya. Aspek keefektifan dilihat dari hasil belajar siswa dan angket respon siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah One Group Pretest Posttest Design dengan 24 siswa. Hasil rata-rata yang didapatkan pada Pretest adalah 54 dan rata-rata pada Posttest adalah 85 dengan peningkatan nilai yang dihitung dengan N-gain dengan skor 0,6 dengan kategori sedang. Hasil respon siswa didapatkan presentase 92% dengan kategori sangat baik. Kesimpulkan dari penelitian ini bahwa perangkat pembelajaran metode simulasi efektif untuk meningkatkan hasil belajar

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-03-14

How to Cite

SETIAWAN, A., & ISNAWATI. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Metode Simulasi pada Materi Tata Surya untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 7(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/27096

Issue

Section

Articles
Abstract views: 22 , PDF Downloads: 79