PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA BERORIENTASI KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH TEMA JAJANAN ANAK SEKOLAH UNTUK SISWA SMP

  • KHILMI AFROIDAH

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mengetahui kelayakan LKS berorientasi keterampilan pemecahan masalah, melatihkan keterampilan pemecahan masalah, dan mendeskripsikan respons siswa terhadap LKS berorientasi pemecahan masalah tema jajanan anak sekolah untuk siswa SMP. Penelitian ini merupakan pengembangan yang mengacu pada model 4-D, yaitu Define, Design, Develop, dan Disseminate. Tetapi pada tahap disseminate (penyebaran) tidak dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKS berorientasi keterampilan pemecahan masalah tema jajanan anak sekolah untuk siswa SMP layak digunakan berdasarkan kriteria isi sebesar 88,09%, kriteria kebahasaan sebesar 81,67%, kriteria penyajian sebesar 80,71%, dan kriteria kesesuaian dengan komponen keterampilan pemecahan masalah sebesar 79,72%. Hasil keterampilan pemecahan masalah yang diperoleh siswa di SMP Negeri 1 Wonoayu Sidoarjo rata-rata sebesar 78,40. Respons siswa terhadap LKS berorientasi keterampilan pemecahan masalah sebesar 92,71%, hal ini menunjukkan siswa memberikan respons positif.

Kata kunci: LKS berorientasi keterampilan pemecahan masalah, jajanan anak sekolah, kelayakan

 

Abstract

The aims of this research are to determine the feasibility of LKS oriented problem solving skills, train problem solving skills, and describe the responses of students to the problem solving skills oriented LKS with school snacks for students of junior high school. This type of research is the development of model refers to the 4D, are Define, Design, Develop, and Disseminate. But without performing dissemination stage. The result of this research indicate that the LKS oriented problem solving skills with school snacks theme for students of junior high school used the content feasibility is 88.09%, language feasibility is 81.67%, presentation feasibility is 80.71%, and component feasibility of problem solving skills is 79.72%. The results obtained problem solving skills of students in SMP Negeri 1 Wonoayu Sidoarjo average of 78.40. The response of students to the problem solving skills oriented worksheet at 92.71%, it shows the students gave a positive response.

Keywords: LKS oriented problem solving skills, school snacks, feasibility

Published
2013-08-11
How to Cite
AFROIDAH, K. (2013). PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA BERORIENTASI KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH TEMA JAJANAN ANAK SEKOLAH UNTUK SISWA SMP. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 1(03). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/3602
Abstract Views: 26
PDF Downloads: 29