PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH TEMA BANJIR UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VII SMP

  • NOVITA DAMAI PROBLEMA WARISMAT

Abstract

Abstrak

Dalam dunia pendidikan, siswa dituntut untuk menguasai suatu indikator. Indikator dalam pembelajaran IPA mencakup tiga aspek yaitu kognitif, afektif, dan psikomotor. Namun berdasarkan fakta di lapangan membuktikan bahwa sebagian besar siswa belum mencapai ketiganya. Pada umumnya yang tercapai hanyalah indikator kognitif rendah dan belum melatihkan keterampilan berpikir kritis yang nerupakan kognitif tingkat tinggi. Oleh karena itu dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran, aktivitas siswa, peningkatan berpikir kritis dan hasil belajar serta respons siswa terhadap pembelajaran menggunakan model pembelajaran berdasarkan masalah. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang menggunakan rancangan penelitian “One group pre-test post-test design”. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII-B SMP Negeri 1 Deket Lamongan tahun ajaran 2012-2013. Instrumen yang digunakan adalah lembar pelaksanaan pembelajaran, lembar pengamatan aktivitas siswa, tes dan angket. B erdasarkan analisis data diperoleh rata-rata kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran mendapat nilai rata-rata 3,65 pada pertemuan pertama dan 3,50 pada pertemuan kedua yang berkategori sangat baik. Persentase aktivitas siswa yang paling tinggi yaitu mendengarkan penjelasan guru dengan persentase rata-rata sebesar 24,83% disusul kemudian dengan aktivitas menyusun laporan hasil percobaan dengan persentase rata-rata sebesar 15,45%. Hasil keterampilan berpikir kritis siswa yang diambil dari nilai kognitif mengalami peningkatan, terbukti dengan hasil thitung sebesar 2,59 bernilai lebih besar dari nilai ttabel sebesar 2,28. Saat pre-test terdapat 5 siswa mencapai level 1 dan 32 siswa mencapai level 2, sedangkan saat post-test terdapat 4 siswa yang mencapai level 2 dan 33 siswa berhasil mencapai level 3. Hasil belajar psikomotor siswa menunjukkan 23 siswa berkategori sangat kuat sedangkan hasil belajar ranah afektif sebanyak 32 siswa berkategori sangat baik. Respons siswa terhadap model pembelajaran berdasarkan masalah pada tema banjir seluruhnya berkategori positif. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berdasarkan masalah dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa.

Kata Kunci: Pembelajaran berdasarkan masalah, Berpikir kritis, Banjir

 

Abstract

In education, students are required to apply an indicator. Indicators in science includes three aspects: cognitive, affective, and psychomotor. But based on the facts, most students do not achieve all. Generally, indicators are achieved only low cognitive and critical thinking skills have not practice high-level cognitive. Therefore conducted a study aimed at describing the implementation of learning, student activities, increase of critical thinking and student learning outcomes and responses the learning that used problem based instruction. Type of research is a quasi experimental research designs that use "One group pre-test post-test design". The subjects were students of class VII-B state junior high school 1 Deket Lamongan 2012-2013 school year. The instrument used was a sheet implementation of learning, observation of student activity sheets, tests and questionnaires. Based on the analysis of data obtained by the average teacher's ability to manage the learning gets an average value of 3.65 and 3.50 at the first meeting of the second meeting is categorized very well. Percentage of the highest student activities such as listening to the teacher's explanations with an average percentage of 24.83% followed by preparing activity reports the results of experiments with an average percentage of 15.45%. Results of students’s critical thinking skills drawn from cognitive scores increased, as evidenced by the results of t-value (2.59) is greater than the value of t-table (2.28). Currently there are 5 students at pre-test achieving level 1 and 32 students achieving level 2, while the post-test there are 4 students who achieve level 2 and 33 students made it to level 3. Psychomotor learning outcomes of students categorized 23 students showed very strong while the affective domain of learning outcomes by 32 students categorized very well. The response of students towards learning model based on a flood theme problem entirely positive category. It can be concluded that the learning model is based on a problem can be used to improve students’s  critical thinking skills.

Keywords: Problem based instruction, critical thinking, flood.  

Published
2013-08-18
How to Cite
DAMAI PROBLEMA WARISMAT, N. (2013). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH TEMA BANJIR UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VII SMP. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 1(03). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/3867
Abstract Views: 33
PDF Downloads: 26