PENERAPAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) IPA TERPADU TIPE WEBBED DENGAN TEMA PENCEMARAN AIR PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 LABANG BANGKALAN

  • KHANIF SYAHIDANA MAULIDY

Abstract

Abstrak

Penelitian ini dilakukan guna memberikan variasi bentuk LKS yang diterapkan di sekolah. Adapun tujuannya adalah memberikan inovasi LKS yang sesuai dengan IPA Terpadu; membuat siswa berpikir kritis; mempengaruhi proses pembelajaran yang dapat memicu kreativitas; menekankan aktivitas pembelajaran yang berpusat pada guru; dan mengetahui respon siswa. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Berdasarkan metode pengacakan dipilih kelas VII-F sebagai subyek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Keterlaksanaan pembelajaran yang dilakukan pada pertemuan pertama didapatkan 84,62%, pertemuan kedua 92,31%, dan pertemuan ketiga 38,4%. 2) Hasil belajar rata-rata kognitif siswa secara  klasikal 87,5%, sedangkan untuk hasil belajar afektif  pa da  aspek ketepatan waktu bekerja sebesar 79,16 dan dikategrikan baik, pada aspek kerjasama antar siswa  81,67  dan dikategorikan sangat baik. Pada aspek ketiga yaitu menyampaikan informasi sebesar 83,13 dan dikategorikan sangat baik. Aspek keempat dalam mengajukan pertanyaan yaitu 81,04 dikategorikan sangat baik. dan aspek terakhir yaitu mengajukan pendapat sebesar 80,83 dan dikategorikan baik; dan psikomotor  mendapatkan nilai rata-rata sebesar 79,22 untuk pertemuan pertama; dan 82,2  untuk pertemuan kedua. 3) Aktivitas yang paling dominan adalah berdiskusi dan bertanya antar siswa dan guru  yaitu sebanyak 21% pada pertemuan pertama, mendengarkan dan memperhatikan penjelasan guru dengan persentase sebesar 25,52% pada pertemuan kedua. Pada pertemuan ketiga berdiskusi dan bertanya antar siswa dan guru sebesar 41%. Untuk aktivitas paling rendah adalah merespon pendapat atau jawaban dari kelompok lain dengan persentase sebesar 2% pada pertemuan pertama, menulis data praktikum pada pertemuan kedua dengan persentase 1%, merancang dan melakukan percobaan, mengerjakan LKS, berdiskusi bersama kelompok, menulis data praktikum di tabel pengamatan, berdiskusi bersama kelompok, menulis data praktikum di tabel pengamatan, mempresentasikan hasil praktikum, merespon pendapat atau jawaban dari kelompok lain mendapatkan persentase waktu 0%. 4) Respon siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran adalah positif. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan LKS IPA Terpadu dengan Tema Pencemaran air berlangsung dengan baik di SMP Negeri 1 Labang Bangkalan.

Kata Kunci:  Lembar Kerja Siswa (LKS) Kognitif, Psikomotor, Afektif.

 

Abstract

This study was conducted to provide a variety of shapes worksheets that apply in school. The goal is to provide innovative worksheets that correspond with Integrated Sciences; make students think critically; affect the learning process that can lead to creativity; emphasizes learning activities centered on the teacher, and study the response of the students. The method used was a descriptive quantitatitive. Randomization methods selected by class VII-F as research subjects. The result showed: 1) The conducted of learning  do get a meeting obtained 84.62% to 92.31% for the second meeting of the third meeting 38.4% 2) The results of the average cognitive learning of students in the classical 87, 5%, while for the learning outcomes in the affective aspects of timeliness of 79.16 and categorized work well. students to aspects of cooperation between 81.67 and categorized very well. In the third aspect which convey information at 83.13 and categorized very well. The fourth aspect of inquiry that is categorized as very good 81.04. and the last aspect that argues for 80.83 and well categorized, and psychomotor scores by an average of 79.22 for the first meeting, and 82.2 for the second meeting. 3) The most dominant activity of the student during the learning process is to discuss and inquire among students and teachers is as much as 21% in the first meeting, listen and pay attention to the teacher's explanations with a percentage of 25.52% in the second meeting. At the third meeting between the discussion and ask students and teachers by 41%. The lowest activity was to response to the opinions or answers from another group with a percentage of 2% in the first meeting, write the data lab on the second meeting with the percentage of 1%, to design and conducted experiments , doing worksheets, discussion with the group, writing the data in the table practicum observation, discussion with the group, writing the data in the table practicum observation, presented the results of lab work, responding to opinions or answers from another group gets a percentage of time 0%. 4) Students’ responsive to learning is positively. It can be seen that learning by applying LKS Integrated Science with theme of water Pollution is progressing well in SMP Negeri 1 Labang Bangkalan.

Keywords: Student Worksheet (LKS) Cognitive, Psychomotor, Affective

Published
2013-08-28
How to Cite
SYAHIDANA MAULIDY, K. (2013). PENERAPAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) IPA TERPADU TIPE WEBBED DENGAN TEMA PENCEMARAN AIR PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 LABANG BANGKALAN. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 1(03). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/4159
Abstract Views: 55
PDF Downloads: 42