PENERAPAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA TERPADU TIPE WEBBED MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STAD PADA TEMA “TSUNAMI” DI KELAS VIII SMP NEGERI 19 SURABAYA

  • FITRIA IMAN SARI

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran, hasil belajar siswa, dan respon siswa setelah diadakannya penerapan model pembelajaran Kooperatif STAD pada pembelajaran IPA terpadu dengan tema tsunami di kelas VIII-B SMP Negeri 19 Surabaya. Penelitian ini dilakuan di kelas VIII-B SMP Negeri 19 Surabaya tahun ajaran 2012/2013 Semester Genap yang terdiri dari 39 siswa. Penelitian dilakukan dengan menggunakan Pre Experimental Design dan metode analisis deskriptif kuantitatif. Dari hasil penelitian, menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan pembelajaran Kooperatif STAD pada pembelajaran IPA Terpadu tema tsunami telah dilakukan dengan kriteria baik dengan skor rata-rata sebesar 3,5. (2) Ketuntasan klasikal siswa dalam mengikuti pembelajaran Kooperatif STAD pada pembelajaran IPA Terpadu tema tsunami mencapai 87,18%. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran Kooperatif STAD pada pembelajaran IPA Terpadu tema tsunami sesuai terhadap hasil belajar siswa. (3) Siswa memberikan respons yang baik terhadap pembelajaran yang diketahui berdasarkan hasil penyebaran angket dengan 87%.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif STAD, Tsunami, Keterlaksanaan Pembelajaran, Hasil Belajar, Respon Siswa

 

Abstract

This research aimed to know the feasibility of learning, student achievement, and student responses after the implementation of STAD cooperative learning model on integrated science learning on topic of tsunami in class VIII-B SMP Negeri 19 Surabaya. This research conducted in classroom VIII-B SMP Negeri 19 Surabaya academic year 2012/2013 at even semester which consisting of 39 students. Research was performed by pre experimental design method and descriptive quantitative method. From result of the research shows that: (1) Implementation of STAD cooperative learning on integrated science learning on topic of tsunami was conducted with good criteria by average score was 3.5. (2) Classical completeness of student in process of STAD cooperative learning on integrated science learning on topic of tsunami achieved 87.18%. This shows that STAD cooperative learning on integrated science on topic of tsunami consistent with student achievement. (3) Students giving good response on learning which based on questionnaire result known 87%.

Keywords: STAD cooperative learning model, tsunami, learning realization, study achievement, student response

Published
2013-08-31
How to Cite
IMAN SARI, F. (2013). PENERAPAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA TERPADU TIPE WEBBED MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STAD PADA TEMA “TSUNAMI” DI KELAS VIII SMP NEGERI 19 SURABAYA. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 1(03). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/4307
Abstract Views: 44
PDF Downloads: 35