PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) MENGGUNAKAN PERMAINAN BALL AND CARD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI WUJUD ZAT

  • NUR FITRI ZULAIKHA

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan respon siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif. Penelitian ini tentang penerapan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournaments (TGT) dengan metode permainan ball and card. Hasil data penelitian tentang penerapan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournaments (TGT) dengan metode permainan ball and card menunjukkan bahwa: (1) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT pada materi wujud zat keterlaksanaan lembar pengamatan pada pertemuan I dan II telah terlaksana dengan baik. (2) Hasil belajar kognitif siswa yang memiliki nilai ≥ 75 adalah 28 siswa. Untuk hasil belajar telah mencapai ketuntasan secara klasikal sebesar 87,5%. Kemudian dilakukan uji t signifikansi, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui pembelajaran model kooperatif tipe teams games tournaments (TGT) dengan metode permainan ball and card hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang signifikan. Hasil kinerja siswa aspek psikomotor pada pertemuan pertama dan kedua menunjukkan bahwa nilai rata-rata keempat aspek yang telah diamati tersebut sebesar 3,6 dengan kategori baik sedangkan hasil kinerja siswa aspek afektif pada pertemuan pertama dan kedua menunjukkan bahwa nilai rata-rata ketiga aspek yang telah diamati tersebut sebesar 3,5 dengan kategori baik. (3) Respon siswa dalam pembelajaran model kooperatif tipe teams games tournaments (TGT) dengan metode permainan ball and card adalah siswa memberikan respon positif terhadap pembelajaran tersebut.

Kata kunci: Model kooperatif tipe teams games tournaments (TGT), permainan ball and card, hasil belajar siswa.

 

Abstract

This research has purpose to increace student’s achievement on study and student’s responses after learning with cooperative model. It is about implementation of cooperative learning model typed teams games tournaments (TGT) using ball and card game. The results on implementation of cooperative learning model typed teams games tournaments (TGT) using ball and card game indicating that: (1) Implementation of cooperative learning model typed teams games tournaments about states of matter observation showed that first and second metting are good. (2) The study result of cognitive students of ≥ 75 is 28 student’s. The mastery learning of student’s has completed the classical of 87,5 %. Then do the test t significance, thus it can be concluded that through cooperative learning model typed teams games tournaments (TGT) using ball and card games the results of learning students experienced significant improvement. Psychomotor aspects of student performance results on the first and second meetings indicate that the average value of the four aspects that have been observed for both categories while 3,6 performance results of students affective aspects in the first and second meetings indicate that the average value of these three aspects that have been observed are 3,5 with a category either. (3) Response student’s of cooperative learning model typed teams games tournaments (TGT) using ball and card games is to give a positive response to the student’s learning.

Key word: cooperative learning model teams games tournaments (TGT), ball and card games, study results.

Published
2014-01-26
How to Cite
FITRI ZULAIKHA, N. (2014). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) MENGGUNAKAN PERMAINAN BALL AND CARD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI WUJUD ZAT. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 2(01). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/6685
Abstract Views: 59
PDF Downloads: 69