PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA TERPADU PADA MATERI MATA DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 PUNGGING MOJOKERTO

  • MUTMAINAH

Abstract

Abstrak

Pengembangan perangkat pembelajaran IPA terpadu tipe integreted pada materi mata ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan, keterlaksanaan RPP, hasil belajar siswa dengan menerapkan perangkat pembelajaran yang dikembangkan, dan respons siswa terhadap perangkat dan kegiatan pembelajaran. Pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan model pengembangan 4-D models, tahapan yang dilakukan hanya sampai develop. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan divalidasi dan diujicobakan secara terbatas di kelas VIII SMPN 2 Pungging dengan jumlah 12 siswa. Hasil validasi perangkat pembelajaran oleh 3 ahli menyatakan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan meliputi silabus, RPP, LKS, buku siswa, dan soal tes hasil belajar sudah baik dan layak untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Semua tahapan dalam RPP terlaksana dengan sangat baik dan mendapat skor rata-rata dari dua pertemuan sebesar 3,11. Ketuntasan hasil belajar kognitif produk siswa mencapai 75%. Respons siswa terhadap kegiatan pembelajaran sangat kuat dengan persentase 89,8%, sedangkan respons siswa terhadap LKS dan buku siswa sangat kuat dengan persentase berturut-turut sebesar 95,75% dan 97%. 

Kata kunci: Perangkat pembelajaran, IPA terpadu tipe Integreted, Mata

 

Abstract

A research study entitled The Development of Integrated Learning In Material Ipa Eye In Eighth Grade SMP Negeri 2 Pungging Mojokerto performed as one of the solutions to overcome the problem of integrated science learning and teaching system which is centered on the teachers without actively involving students. The development of learning aims to generate learning devices Integrated Sciences, describes the feasibility and describe the response of students towards learning device that has been developed. Method in this research is the development of research refers to the 4-D Model which is limited to the development phase only. Limited testing done in SMP Negeri 2 Pungging in class VIII randomly selected a total of 12 students. The development of science learning outcomes Integrated Integreted on material type eyes showed that the feasibility study of the results of validation by faculty and teachers of SMP Negeri 2 Pungging obtained an average yield of 84.6% percentage of the syllabus, RPP 86.9%, 86.5% LKS , and 84.6% with a student book category "very decent". The conclusion from this study is that the learning device was developed to obtain the criteria of "very feasible" that can be used in learning activities and student response was very positive towards learning tools have been developed.

Keywords: Integrated science teaching tools Integreted type, 4-D Model, Eye 

Published
2014-02-07
How to Cite
MUTMAINAH,. (2014). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA TERPADU PADA MATERI MATA DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 PUNGGING MOJOKERTO. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 2(01). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/7148
Abstract Views: 40
PDF Downloads: 70