PENERAPAN PEMBELAJARAN IPA TERPADU DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD MENGGUNAKAN MEDIA POSTER PADA TEMA PEMANASAN GLOBAL DI SMP NEGERI 2 MENGANTI KABUPATEN GRESIK

  • HENDRIYADI

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran, aktivitas siswa, hasil belajar dan respons siswa terhadap penerapan pembelajaran ipa terpadu dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Metode yang digunakan adalah jenis penelitian Eksperimen Semu. Penelitian dilaksanakan pada satu kelas penelitian yang diberi perlakuan tertentu tanpa kelas kontrol. Penelitian ini dilakukan di kelas VIIA SMP Negeri 2 Menganti Kabupaten Gresik. Desain penelitian ini menggunakan rancangan One Group Pre-Test Post-Test Design. Sebelum proses pembelajaran dimulai, siswa diberi pre-test dan di akhir pembelajaran siswa diberi post-test. Dari data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif menunjukkan bahwa: 1) Keterlaksanaan rencana pembelajaran yang dilakukan termasuk dalam kategori sangat baik dengan skor rata-rata pada pertemuan pertama dan kedua mendapatkan skor 3,61 dan pada pertemuan ketiga mendapatkan skor 3,70; 2) Aktivitas siswa yang paling dominan dilakukan siswa selama mengikuti proses pembelajaran adalah mendengarkan dan memperhatikan penjelasan guru sebesar 24,26% pada pertemuan pertama, merancang dan melakukan percobaan atau pengamatan poster sebesar 26,84% pada pertemuan kedua dan berdiskusi dan bertanya antar siswa dan guru sebesar 22,06% pada pertemuan ketiga. Sedangkan untuk aktivitas yang paling jarang dilakukan siswa pada setiap pertemuan adalah melakukan hal yang tidak relevan dengan KBM dengan persentase sebesar 2,21% pada pertemuan pertama, 1,84% pada pertemuan kedua, dan 1,65% pada pertemuan ketiga; 3) Hasil belajar siswa setelah diterapkan pembelajaran IPA terpadu dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD menggunakan media poster pada tema pemanasan global didapatkan ketuntasan klasikal siswa sebesar 94,12% atau sebanyak 32 siswa lulus KKM dan hanya 2 siswa yang belum lulus KKM; 4) Respon siswa terhadap kegiatan pembelajaran mendapatkan respon positif.

Kata kunci: IPA terpadu, Kooperatif tipe STAD, aktivitas siswa, hasil belajar, respon siswa

 

Abstract

The aims of this research are to describe the fulfillness of lesson plan, students learning outcomes and responses to the application of integrated science learning in STAD type of cooperative learning model. The method used is a kind of Quasi- Experimental research, studies conducted in the class will be given a particular treatment without control class. This research was conducted in class VIIA SMP Negeri 2 Menganti Gresik. The design of this study used One Group Pre - Test Post - Test Design. Before starting the learning process, students were given a pre-test and at the end of the lesson, students were given a post-test. The analyzed descriptively obtained data indicate that : 1) The fulfillness of plan lessons was in very well criteria with an average score of 3,61, both  in the first and second meeting; the third meeting got a score of 3,70 ; 2) The most dominant students Activity during the learning process is listening and paying attention to the teacher's explanation of 24,26% in the first meeting , designing and conducting experiments or observing poster by 26,84% in the second meeting; discussing and inquiring among students and teachers by 22,06% in the third meeting . While the least frequent students activities in each meeting were doing things that irrelevant to teaching and learning with a percentage of 2,21% in the first meeting , the second meeting 1,84% , and 1.65 % at the third meeting ; 3) Students’ learning results after  applying integrated science learning with STAD cooperative learning model using media posters about global warming theme resulted in students’ classical fulfillness of  94,12 %, or a total of 32 students passed KKM and only 2 of them haven’t passed the KKM ; 4) the response of students to the learning activities was positive.

Keywords: Integrated science learning, STAD Cooperative, student activities, Learning 

vii

Outcomes, Student Response

Published
2014-02-10
How to Cite
HENDRIYADI,. (2014). PENERAPAN PEMBELAJARAN IPA TERPADU DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD MENGGUNAKAN MEDIA POSTER PADA TEMA PEMANASAN GLOBAL DI SMP NEGERI 2 MENGANTI KABUPATEN GRESIK. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 2(01). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/7156
Abstract Views: 36
PDF Downloads: 49