PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) IPA TERPADU BERBASIS PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH TEMA POLUSI CAHAYA KELAS VIII MTs NEGERI NGRONGGOT NGANJUK
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan kelayakan LKS IPA terpadu berbasis pembelajaran berdasarkan masalah tema polusi cahaya kelas VIII yang ditinjau dari aspek isi, kebahasaan, penyajian, dan keterbacaan siswa. 2) mendeskripsikan uji coba LKS IPA terpadu ditinjau dari aspek keterlaksanaan RPP, hasil belajar siswa dan respons siswa. Pengembangan LKS IPA terpadu ini berbasis model pembelajaran berdasarkan masalah dan mengacu pada desain pengembangan 4D, namun dalam penelitian ini hanya pada tahap pendefinisian (define), perancangan (design) dan pengembangan (develop). Selanjutnya LKS IPA terpadu diujicobakan pada 12 siswa kelas VIII-1 MTs Negeri Ngronggot Nganjuk. Hasil penelitian yang diperoleh adalah 1) produk berupa LKS IPA terpadu dengan kelayakan pada aspek kriteria isi diperoleh persentase sebesar 87% dengan kriteria sangat baik, aspek kebahasaan sebesar 83% dengan kriteria sangat baik, dan aspek penyajian sebesar 83% dengan kriteria sangat baik. Persentase keterbacaan siswa pada LKS IPA terpadu sebesar 72% dengan kriteria baik. 2) deskripsi uji coba LKS IPA terpadu untuk keterlaksanaan RPP pada pertemuan pertama sebesar 77% dan pertemuan kedua sebesar 67%. Hasil belajar siswa yang diukur dari ketercapaian indikator siswa adalah aspek kognitif produk, kognitif proses, afektif, dan psikomotor secara berturut-turut meperoleh persentase sebesar 84%, 76%, 61% dan 70% serta respons siswa yakni sebesar 91%. Berdasarkan hasil validasi, keterbacaan siswa, hasil belajar siswa dan respons siswa dapat diinterpretasikan LKS IPA terpadu yang dikembangkan layak.
Kata kunci: Kelayakan LKS IPA terpadu, pembelajaran berdasarkan masalah, tema polusi cahaya
Abstract
The aims of this research is to describe 1) the feasibility of worksheet based on problem based instruction pollution for VIII grade junior high school with light pollution topic. Worksheet’s feasibility are viewed from several aspect of content, language, presentation of worksheet and readability student response. 2) to describe testing worksheet, student learning outcomes, and student response. Development of this worksheet using 4-D models, consist of define, design and develop stages. After that, this worksheet is examined on 12 students in VIII-I grade in MTs Negeri Ngronggot Nganjuk. Moreover, the result of this research is integrated science worksheet with 87% for content aspect include very good category. Then, for language and presentation aspects are very good category with 83%. The number for student readibility on integrated science worksheet is 72% as good criteria. Furthermore, 77% is showed for effectiveness aspect on first meeting, however percentage in second meeting only 67%. Percentage of students outcomes which is measured from student indicator achievement of product cognitive, process cognitive, affective, and pshycomotor are 84%, 76%, 61%, and 70% respectively. In addition, students outcome have number 91%. Based on validation results, student readibility, student outcome is got the conclusion that integrated science worksheet is feasible.
Keywords: feasibility, Problem Based Instruction, light pollution theme
PDF Downloads: 45