EVALUASI KINERJA SIMPANG LIMA KRIAN DAN UPAYA PENANGANANNYA DI KABUPATEN SIDOARJO

  • anita susanti

Abstract

Simpang Lima Krian merupakan salah satu persimpangan di Kabupaten Sidoarjo yang mengalami permasalahan lalu lintas, yaitu kemacetan. Hal ini terjadi karena kapasitas Simpang Lima Krian  sudah tidak mampu lagi menampung volume kendaraan yang melintas. Dalam hal ini perlu diketahui kondisi eksisting dan upaya yang diperlukan untuk meningkatkan kapasitas persimpangan, sehingga meminimalisir kemungkinan kemacetan lalu lintas yang terjadi.

Metode yang digunakan adalah survei lalu lintas, untuk mengetahui volume kendaraan yang melintas di Simpang Lima Krian pada saat jam puncak, yaitu 06.00-09.00; 11.00-13.00 dan 16.00-17.00 WIB.  Pelaksanaan survei ini dengan melibatkan surveyor yang menempati Pos Pengamatan di lokasi studi.

Hasil dari penelitian ini adalah  kinerja Simpang Lima Krian masuk dalam kategori LOS F yang berarti kinerja simpang buruk. Dari hasil survei traffic counting dan identifikasi masalah di lapangan, dapat dibuat perencanaan strategi penanganan dengan Manajemen Lalu Lintas yang dibagi menjadi 3 periode yaitu jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang. Untuk strategi jangka pendek ditambah dengan perubahan pengaturan waktu siklus menjadi 70 detik, waktu hijau 30 detik dan waktu merah 40 detik, tingkat pelayanan di masing-masing ruas jalan yang semula berada di LOS F berubah menjadi LOS D dan LOS C. Pada ruas Jalan Gubernur Sunandar, kondisi rencana berada pada LOS C pada saat  siang hari dengan nilai DS sebesar 0,66 dan sore hari sebesar 0,73. Di ruas Jalan M.Yamin pada saat siang hari berada di LOS C dengan nilai DS sebesar 0,66.

KataKunci: Simpang Lima Krian, kinerja simpang, volume kendaraan, LOS

Krian Simpang Lima is one of the intersections in the district of Sidoarjo are experiencing traffic problems, namely congestion. This occurs because the capacity Krian Simpang Lima is no longer able to accommodate the volume of passing vehicles. In this case, please be aware of the existing conditions and the effort required to increase the capacity of the intersection, thereby minimizing the possibility of traffic jams occur.
The method used is the traffic survey, to determine the volume of vehicles passing in the Simpang Lima Krian during peak hours,  06:00 to 09:00; 11:00 to 13:00 and 16:00 to 17:00 pm. This survey involving surveyors who occupy Observation Post in the study area.
Results from this study is the performance of Simpang Lima Krian LOS F in the category, which means poor performance of the intersection. From a survey of traffic counting and identification of problems in the field, can be given to devising strategies to address the Traffic Management is divided into three periods, namely short-term, medium term and long term. For short-term strategy coupled with a change in the timing of the cycle to be 70 seconds, 30 seconds of green time and red time of 40 seconds, the level of service in each of the original roads are turned into F LOS LOS LOS D and C. On road sections Governor Sunandar, conditions are at LOS C plan at noon with DS values ​​of 0.66 and 0.73 for the afternoon. On the road segment M.Yamin during daytime in LOS C with DS of 0.66.

Keywords: Simpang Lima Krian, the performance of the intersection, the vehicle volume, LOS

Published
2014-12-05
Abstract Views: 39
PDF Downloads: 202