STUDI KASUS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MAHASISWA PPL PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN DALAM MELAKSANAKAN PRAKTIK MENGAJAR DI SMKN 3 BOYOLANGU TULUNGAGUNG
Abstract
PPL merupakan mata kuliah yang wajib dilaksanakan oleh semua mahasiswa program studi kependidikan. Pelaksanaan PPL Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan sekolah yang digunakan sebagai mitra untuk pelaksanaan PPL adalah Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan mahasiswa PPL dalam pelaksanaan pembelajaran yang mencakup kemampuan menyusun rencana pembelajaran, kemampuan pelaksanaan pembelajaran, kemampuan mengevaluasi pembelajaran. Penelitian ini juga bertujuan mengetahui prestasi belajar siswa, respon siswa serta peran guru pamong dan guru mata diklat dalam membimbing mahasiswa PPL.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif penelitian berupa studi kasus selama proses belajar berlangsung. Objek dalam penelitian ini adalah kemampuan mahasiswa PPL dalam pelaksanaan pembelajaran dan sampel penelitian adalah delapan mahasiswa PPL Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan metode observasi, angket, tes dan dokumentasi berupa video serta foto pelaksanaan pembelajaran. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif, yang akan mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan mahasiswa PPL. Deskripsi dilakukan dengan cara mengetahui rata-rata nilai (Mean), nilai tengah (Median), nilai yang sering muncul (Modus), simpangan baku (Standart Deviasi), dan kecenderungan (Skewness).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan delapan mahasiswa
PPL dalam menyusun rencana pembelajaran tergolong tingkatan kecenderungan tinggi. Kemampuan melaksanakan pembelajaran tergolong kategori cukup. Kemampuan dalam evaluasi pembelajaran tergolong kategori tinggi, tetapi hanya dua mahasiswa yang melakukan evaluasi. Prestasi siswa dalam mata diklat yang diajarkan mahasiswa PPL sudah baik, karena lebih dari setengah jumlah siswa sudah lulus dari standar minimal nilai kelulusan yaitu 7,00. Hasil respon siswa dari pelaksanaan pembelajaran mahasiswa PPL dua mahasiswa tergolong sangat tinggi dan enam mahasiswa tergolong tinggi. Pada hasil peran guru pamong tergolong sangat tinggi untuk guru pamong 1 dan tinggi untuk guru pamong 2. Sedangkan peran guru mata diklat tergolong kategori cukup.
Kata kunci : pelaksanaan pembelajaran mahasiswa PPL
PPL is a subject which must be implemented by all students of educational courses. Implementation of Technical Education Course PPL school building used as partners for implementation of the PPL is the Vocational School (SMK). This study aims to determine the ability of PPL student learning in the implementation plan which includes the capability of learning, learning execution capability, the ability to evaluate learning. This study also aimed to identify student achievement, student response and the role of teacher education and training officials and teachers in guiding students' eyes PPL.
This research is descriptive research in the form of case studies during the
learning process progresses, the Object in this research is the ability of PPL students in the implementation of learning and research samples are eight students PPL Study Program Technical Education Building. Techniques data collections in this study are with the method of observation, questionnaires, tests and video, and photo documentation of the implementation of learning. Analysis of the data used is descriptive quantity analysis technique which will describe the implementation of student learning by PPL. Description of the done by knowing the average value (Mean), the middle value (Median), the value of which often appear (Modus), standart deviation (Standart Deviation) and the tendency (Skewnees).
The result in this research show that the ability of eight students in arranges
PPL lesson plans classified as high-level trends. Ability to learning enough classified category. Ability in the evaluation of learning classified as high category, but only two students who conduct the evaluation. Student achievement in the Lesson of students taught by PPL is good, because more and half the number of students has passed and the standard passing score of at least 7.00. The result of students' responses and implementation of student learning PPL two students classified as very high and six high students classified as high. In the results officials classified as very high teacher to teacher of the civil I and high for teachers of the civil 2. While the role of teachers belonging category lesson as enough.
Keywords: Learning implementation PPL student
PDF Downloads: 872