STUDI KASUS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MAHASISWA PPL PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN DALAM MELAKSANAKAN PRAKTIK MENGAJAR DI SMKN 3 BOYOLANGU TULUNGAGUNG

  • Indiah kustini
  • Mohammad Faizal Rachman

Abstract

PPL  merupakan  mata  kuliah  yang  wajib  dilaksanakan  oleh  semua  mahasiswa program studi kependidikan. Pelaksanaan PPL  Program Studi Pendidikan  Teknik  Bangunan  sekolah  yang  digunakan  sebagai  mitra  untuk  pelaksanaan  PPL  adalah  Sekolah  Menengah  Kejuruan  (SMK).  Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  kemampuan  mahasiswa  PPL  dalam  pelaksanaan  pembelajaran  yang  mencakup  kemampuan menyusun  rencana  pembelajaran,  kemampuan pelaksanaan  pembelajaran, kemampuan mengevaluasi pembelajaran. Penelitian ini juga bertujuan  mengetahui prestasi belajar siswa, respon siswa serta peran guru pamong dan guru  mata diklat dalam membimbing mahasiswa PPL.

Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif penelitian berupa studi kasus  selama  proses  belajar  berlangsung.  Objek  dalam  penelitian  ini  adalah  kemampuan  mahasiswa  PPL  dalam  pelaksanaan  pembelajaran  dan  sampel  penelitian  adalah  delapan  mahasiswa  PPL  Program  Studi  Pendidikan  Teknik  Bangunan.  Teknik  pengumpulan  data  dalam  penelitian  ini  dengan  metode  observasi,  angket,  tes  dan  dokumentasi  berupa video serta foto pelaksanaan pembelajaran. Analisis data  yang  digunakan  adalah  teknik  analisis  deskriptif  kuantitatif,  yang  akan  mendeskripsikan  pelaksanaan  pembelajaran  yang  dilakukan  mahasiswa  PPL.  Deskripsi  dilakukan  dengan  cara  mengetahui  rata-rata  nilai  (Mean),  nilai  tengah  (Median),  nilai  yang  sering  muncul  (Modus),  simpangan  baku  (Standart  Deviasi),  dan  kecenderungan  (Skewness).

Hasil  penelitian  ini  menunjukkan  bahwa  kemampuan  delapan  mahasiswa

PPL  dalam  menyusun  rencana  pembelajaran  tergolong  tingkatan  kecenderungan  tinggi. Kemampuan  melaksanakan  pembelajaran  tergolong  kategori cukup.  Kemampuan dalam evaluasi pembelajaran tergolong kategori tinggi, tetapi hanya dua  mahasiswa yang melakukan evaluasi. Prestasi siswa dalam mata diklat yang diajarkan  mahasiswa PPL sudah baik, karena lebih dari setengah jumlah siswa sudah lulus dari  standar  minimal  nilai  kelulusan  yaitu  7,00.  Hasil  respon  siswa  dari  pelaksanaan  pembelajaran  mahasiswa  PPL  dua  mahasiswa  tergolong sangat  tinggi dan  enam  mahasiswa tergolong tinggi. Pada hasil peran guru pamong tergolong sangat tinggi untuk guru pamong 1 dan tinggi untuk guru pamong 2. Sedangkan peran guru mata  diklat tergolong kategori cukup.

Kata kunci : pelaksanaan pembelajaran mahasiswa PPL

PPL is a subject which must be implemented by all students of educational  courses. Implementation of Technical Education Course PPL school building used as  partners for implementation of the PPL is the Vocational School (SMK). This study  aims  to  determine  the  ability  of  PPL  student  learning  in  the  implementation  plan  which includes the capability of learning, learning execution capability, the ability to  evaluate  learning.  This  study  also  aimed  to  identify  student  achievement,  student  response  and  the  role  of  teacher  education  and  training  officials  and  teachers  in  guiding students' eyes PPL.

This research is descriptive research in the form of case studies during the

learning process progresses, the Object in this research is the ability of PPL students  in the implementation of learning and research samples are eight students PPL Study  Program Technical Education Building. Techniques data collections in this study are  with  the  method  of  observation,  questionnaires,  tests  and  video,  and  photo  documentation  of  the  implementation  of  learning.  Analysis  of  the  data  used  is  descriptive  quantity  analysis  technique  which  will  describe  the  implementation  of  student  learning  by  PPL.  Description  of  the  done  by  knowing  the  average  value  (Mean),  the  middle  value  (Median),  the  value  of  which  often  appear  (Modus),  standart deviation (Standart Deviation) and the tendency (Skewnees).

The result in this research show that the ability of eight students in arranges

PPL lesson plans classified as high-level trends. Ability to learning enough classified  category. Ability in the evaluation of learning classified as high category, but only  two  students  who  conduct  the  evaluation.  Student  achievement  in  the  Lesson  of  students taught by PPL is good, because more and half the number of students has  passed  and  the  standard  passing  score  of  at  least  7.00.  The  result  of  students'  responses and implementation of student learning PPL two students classified as very  high and six high students classified as high. In the results officials classified as very  high teacher to teacher of the civil I and high for teachers of the civil 2. While the  role of teachers belonging category lesson as enough.

Keywords: Learning implementation PPL student

Published
2013-01-13
Abstract Views: 308
PDF Downloads: 872