STUDI KELAYAKAN EKONOMI DAN FINANSIAL RENCANA PELEBARAN JALAN TOL WARU-SIDOARJO

  • REYNALDO B. THEODORUS TAMPANG ALLO

Abstract

Beberapa Alternatif dapat dilakukan untuk mencegah permasalahan yang dapat terjadi pada tol Waru-Sidorajo. Mengingat ketersediaan lahan yang sudah di miliki pemerintah. Salah satu alternatif yang paling efisien diterapkan yaitu pembangunan pelebaran jalan tol baik ruas Ambon maupun Bandung.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui  kinerja lalu lintas pada kondisi eksisisting dan kinerja lalu lintas pada kondisi rencana pembangunan pelebaran jalan tol Waru-Sidoarjo,  mengetahui jumlah biaya penghematan nilai waktu dan Biaya Operasional Kendaraan (BOK) sebelum dan sesudah adanya pembangunan pelebaran jalan tol Waru-Sidoarjo, mengetahui kelayakan pembangunan pelebaran jalan tol Waru-Sidoarjo bila di tinjau dari segi ekonomi dan finansial, dan mengetahui batas kelayakan finansial (Analisa Sensitivitas) proyek tersebut terhadap perubahan nilai parameter.

Berdasarkan hasil bahwa kinerja lalu lintas ruas Ambon dan Bandung pada kondisi eksisting dengan nilai derajat kejenuhan (DS)=0,79, kecepatan rata-rata kendaraan adalah 58 km/jam, dan waktu tempuh rata-rata kendaraan 0,24 jam atau 15 menit. Sedangkan pada kondisi rencana tingkat derajat kejenuhan (DS)=0,76, kecepatan rata-rata kendaraan adalah 78 km/jam, dan Waktu tempuh rata-rata kendaraan 0,19 jam atau 11,4 menit. Total penghematan biaya (saving cost) biaya operasional kendaraan (BOK) pada kondisi eksisting  dan kondisi rencana pelebaran jalan tol Waru-Sidoarjo pada tahun 2016-2026 adalah Rp.2.739.874.612.050,-, dan total penghematan biaya (saving cost) nilai waktu pada kondisi eksisting  dan kondisi rencana pada tahun 2016-2026 adalah Rp.4.732.882.812.933,-. Proyek rencana pelebaran jalan tol Waru-Sidoarjo layak secara ekonomi dan finansial. Hal ini ditunjukkan pada segi ekonomi memperoleh nilai NPV (Net Present Value) sebesar Rp. 16,281,034,118,129,- dan BCR (Benefit Cost Ratio) sebesar 3. Dan pada segi finansial, nilai NPV (Net Present Value) sebesar Rp. Rp. 2,275,677,800,694,-, BCR (Benefit Cost Ratio) sebesar 1,3. Payback Periode selama 4 tahun 4 bulan dan nilai IRR sebesar 15,12%. Dengan asumsi i suku bunga bank (BI Rate) = 6,75%. Titik impas (Break Event Point) jika penentuan jumlah keseluruhan tarif tol untuk golongan I-V pada harga Rp.21.030,-. Dan investasi pada proyek rencana pelebaran jalan tol Waru-Sidoarjo beresiko (sensitiv)    terhadap perubahan nilai pendapatan. Dengan syarat arus kas masuk (pendapatan) mengalami penurunan hingga minimal 21%.

Kata Kunci: Jalan Tol, Kinerja Lalu Lintas, Kelayakan Ekonomi,  Kelayakan Finansial, Sensitivitas.

 Several alternatives can be done to prevent the problems that can occur on a toll-Waru Sidoarjo. Given the availability of land already owned by the government. One of the most efficient alternative is applied, namely the construction of the toll road widening both segments Ambon and Bandung.

The purpose of this study is to determine the performance of the traffic conditions and performance eksisisting traffic conditions toll road widening construction plan Waru-Sidoarjo, knowing the amount of cost savings and the time value of Vehicle Operating Costs before and after the construction of the toll road widening Waru Sidoarjo, determine the feasibility of the construction of the toll road widening Waru Sidoarjo if on review of the economic and financial terms, and know the limits of financial feasibility (Sensitivity Analysis) project to change the parameter value.

Based on the results that the traffic performance segment Ambon and Bandung on existing conditions with the degree of saturation (DS) = 0.79, the average speed of vehicles is 58 km / h, and the average travel time of vehicles 0.24 hour or 15 minutes , and conditions of the plan level (DS) = 0.76, the average speed of vehicles is 78 km / h, and the average travel time of 0.19 hours vehicles or 11.4 minutes. Total cost savings vehicle operating costs on the existing condition and the condition of the toll road expansion plans Waru-Sidoarjo in 2016-2026 was Rp.2.739.874.612.050, -, and total cost savings value when the existing condition and the condition of the plan in the year 2016-2026 is Rp.4.732.882.812.933, -. Toll road widening project plans Waru-Sidoarjo economically and financially feasible. This is shown in terms of economic gain value NPV (Net Present Value) of Rp. 16,281,034,118,129, - and BCR (Benefit Cost Ratio) of 3. And in financial terms, the NPV (Net Present Value) of Rp. Rp. 2,275,677,800,694, -, BCR (Benefit Cost Ratio) of 1.3. Payback period for 4 years and 4 months and IRR of 15.12%. Assuming i bank interest rate = 6.75%. Break Event Point when determining the total toll rates for class I-V on price Rp.21.030, -. And investment in toll road widening project plans Waru Sidoarjo risk to changes in income. With the proviso cash inflows have declined by at least 21%.

Keywords: Toll Roads, Traffic Performance, Economic Feasibility, Financial Feasibility, Sensitivity

Published
2016-09-30
Abstract Views: 220
PDF Downloads: 276