ANALISIS PERENCANAAN STRUKTUR ATAS JEMBATAN BUSUR RANGKA BAJA

  • SISWO HADI MURDOKO

Abstract

Perencanaan struktur jembatan yang ekonomis dan memenuhi syarat teknis ditinjau dari segi keamanan serta rencana penggunaannya merupakan suatu hal yang sangat penting untuk diupayakan. Agar struktur jembatan yang dihasilkan dapat layak digunakan dan memberikan rasa aman bagi penggunanya. Pada penelitian ini peneliti bermaksud untuk menganalisa perencanaan suatu konstruksi jembatan dengan menggunakan busur rangka baja. Jembatan direncanakan sepanjang 60,00, lebar 9,00 m, dengan jalan 2 lajur selebar6,00 m. Peraturan pembebanan yang dipakai untuk merencanakan jembatan ini mengacu pada Standar Nasional Indonesia (SNI) T-02-2005, T-03-2005 , T-12-2004, dan Bridge Design Manual Bridge Management System (BMS). 1992. Dengan perencanaan struktur atas jembatan mengacu pada peraturan AISC – LRFD. Perencanaan tahap awal adalah perhitungan lantai kendaraan. kemudian dilakukan perencanaan gelagar memanjang dan melintang, serta perhitungan shear connector. Selanjutnya dilakukan perhitungan pada program SAP untuk menghitung gaya gaya yang bekerja pada jembatan untuk menghitung ikatan angin, penggantung, dan busur rangka yang digunakan dalam jembatan. perencanaan dan perhitungan dengan metode LRFD didapatkan penampang untuk Busur Rangka Baja yaitu profil WF WF 350.350.12.19, penggantung menggunakan profil WF 350.350.12.19, gelagar melintang menggunakan profil WF 500.300.11.18, dan gelagar memanjang menggunakan profil WF 350.350.12.19.

Kata Kunci: Jembatan Busur Rangka Baja , LRFD, SAP

Planning the structure of the bridge economically and safety is important thing to be pursued, in order for the produced bridge can be fit for use and provide security for its users. In this study, researchers intend to analyze the planning of an arch bridge construction using steel. The bridge  planned 60,00m long , 9.00 m wide, with 6,00 m for two-lane road. Regulations for bridge loading refers to the Indonesian National Standard (SNI) T-02-2005, 03-2005-T, T-12-2004, and Bridge Design Manual Bridge Management System (BMS). 1992. With the planning structure of the bridge based on AISC - LRFD. The early stage planning is the calculation of the vehicle floor, then the planning of longitudinal girders and cross girders. Furthermore using SAP program to calculate the working forces on the bridge to calculate wind bonding, hanger, and the arch used in bridges. Planning and calculation with LRFD method obtained profiles for truss arch sections using WF WF 350.350.12.19, hanger using WF 350.350.12.19, cross girder using WF 500.300.11.18, and a longitudinal girder using WF 350.350.12.19.

Keywords: truss arch bridge, LRFD, SAP

Published
2016-12-28
Abstract Views: 189
PDF Downloads: 156