PENGARUH PENAMBAHAN KAPUR DALAM PEMBUATAN PAVING STONE GEOPOLMER BERBAHAN DASAR LUMPUR LAPINDO DAN ABU TERBANG TERHADAP KUAT TEKAN DAN PERMEABILITAS (PENYERAPAN)

  • SIWI DIAS ARTINI

Abstract

Semakin berkembangnya kontruksi diera globalisasi khususnya bidang sarana transportasi di Indonesia sebagai contoh yaitu paving stone sudah menjadi alternatif bahan perkerasan jalan raya. Namun, ketersediaan pasir dan semen portland yang dirasa semakin menipis ketersediaannya, sehingga perlu ditinjau untuk beberapa bahan alternatif untuk menggantikan. Dalam penelitian bahan baku pembuatan paving menggunakan fly ash, kapur dan lumpur Sidoarjo (lumpur lapindo). Bahan tersebut akan diikat dengan bahan kimia dengan natrium hidroksida (NaOH) dan sodium silikat ( Na2SiO3) dengan konsentrasi 10M dan perbandingan sebesar 1,5. Pengikatan dengan bahan kimia tersebut akan menghasilkan ikatan polimerisasi. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu penelitian uji laboratorium yang akan didahului dengan pendahuluan uji laboratorium dengan pembuatan mortar. Mortar paving tersebut akan dilakukan pengujian kuat tekan pada usia 28 hari dan akan diambil hasil komposisi terbaik untuk dibuat benda uji sampel paving sesungguhnya. Pembuatan paving dalam penelitian akan dibuat dengan metode press hidraulik. Hasil mortar terbaik akan dibuat benda uji sampel paving yaitu komposisi BU 3 dengan penambahan kapur sebesar 30%, BU 4 dengan penambahan kapur sebesar 40% dan BU 5 dengan penambahan kapur sebesar 50 %. Hasil penelitian menunjukan bahwa kuat tekan  optimum sebesar 2,83 dari hasil komposisi BU 4 dengan penambahan kapur sebesar 40%. Hasil permeabilitas dalam penelitian menunjukan benda uji hancur disebabkan penggunaan alkali aktifator yang tidak sesuai dengan kebutuhan yaitu dengan menggunakan 55% dari seluruh kebutuhan dan sifat lumpur lapindo mengikat air cukup besar sehingga mengalami kehancuran.

Kata kunci : fly ash, geopolimer, kapur, kuat tekan, lumpur lapindo, paving, permeabilitas.

The continued development of the construction era of globalization, particularly the field of transportation in Indonesia as an example of paving stone has become an alternative road pavement materials. However, the availability of sand and Portland cement were deemed dwindling availability, so it needs to be reviewed for a couple of alternative materials to replace. In the study raw material for paving using fly ash, chalk and Sidoarjo mud (Lapindo mud). Such materials will be bound by the chemical sodium hydroxide (NaOH) and sodium silicate (Na2SiO3) with 10M concentration and ratio of 1.5. The binding with these chemicals will produce a bond polymerization. This type of research is conducted laboratory tests that will be preceded by preliminary laboratory testing to manufacture mortar. The paving mortar compressive strength testing will be done at the age of 28 days and will take the results of the best compositions for prepared specimen sample actual paving. Paving will be made by the hydraulic press method. Best results will be made mortar specimen samples paving is BU composition 3 with the addition of chalk by 30%, BU 4 with the addition of chalk by 40% and BU 5 with the addition of chalk by 50%. The results showed that the optimum compressive strength of 2.83 from the composition of BU 4 with the addition of chalk by 40%. The results of the study showed permeability test object is destroyed, because use of alkaline activator which does not comply with that requirement by using 55% of the needs and nature of the Lapindo mud binds water large enough so that experienced destruction. 

Keywords: chalk, compresive strength, fly ash, geopolymer, Lapindo mud, paving, permeabilitas, Sidoarjo mud.

 

Published
2017-01-17
Abstract Views: 64
PDF Downloads: 176