MODEL HUBUNGAN ANTARA KERUSAKAN PERKERASAN LENTUR DAN KOMPOSISI LALU LINTAS PADA JALAN PROVINSI DI KABUPATEN MOJOKERTO (Studi Kasus: Jl. Raya Mlirip, Jl. Magersari-Ngares Kidul, Jl. Raya Gempolkerep)

  • RIZKI INKASARI

Abstract

Kerusakan perkerasan lentur adalah kondisi jalan aspal yang sudah tidak sempurna (baik, utuh) lagi. Komposisi lalu lintas adalah nilai dari volume lalu lintas per kendaraan dikalikan dengan nilai Vehicle Damage Factor (VDF). Kendaraan niaga dapat menimbulkan masalah kerusakan pada ruas jalan, hal ini disebabkan oleh kendaraan niaga memiliki nilai Faktor Kerusakan Kendaraan (Vehicle Damage Factor/VDF) yang cukup tinggi. Menurut Hadiyatmo (2007:162), hal ini disebabkan oleh faktor kelelahan akibat beban lalu lintas berlebihan yang terjadi secara berulang.

Penelitian ini bertujuan untuk mencari model hubungan antara kerusakan perkerasan lentur dan komposisi lalu lintas pada jalan provinsi di Kabupaten Mojokerto menggunakan Metode Bina Marga. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kausalitas kuantitatif. Sasaran penelitian ini adalah Jalan Raya Mlirip, Jalan Magersari-Ngares Kidul, Jalan Raya Gempolkerep. Metode pengumpulan data dengan observasi dan dokumentasi.

Hasil penelitian ini adalah : (1) nilai kerusakan perkerasan masing-masing ruas jalan, antara lain: Jalan Magersari-Ngareskidul arah Barat ke Timur sebesar 145, sedangkan arah Timur ke Barat sebesar 90, Jalan Raya Mlirip arah Barat ke Timur sebesar 113, sedangkan arah Timur ke Barat sebesar 108, Jalan Raya Gempolkerep arah Selatan ke Utara sebesar 135, sedangkan arah Utara ke Selatan sebesar 110. (2) model hubungan antara kerusakan perkerasan lentur dan komposisi lalu lintas pada ruas Jalan Magersari-Ngareskidul adalah Y = 2,698X + 133,323 dengan R2 sebesar 0,860, pada ruas Jalan Raya Mlirip adalah Y = 0,161X + 112,685 dengan R2 sebesar 0,846, pada ruas Jalan Raya Gempolkerep adalah Y = 0,748X + 132,546 dengan R2 sebesar 0,851, pada ruas gabungan (Jl. Magersari-Ngareskidul, Jl. Raya Mlirip, Jl. Raya Gempolkerep) tidak adanya hubungan antara variabel komposisi lalu lintas dan variabel kerusakan perkerasan jika ketiga ruas digabungkan yang ditunjukkan oleh nilai signifikansi > 0,05, hal ini bisa terjadi kemungkinan akibat perbedaan kondisi lingkungan seperti: tebal perkerasan jalan, kekuatan tanah dasar, komposisi bahan penyusun perkerasan, kondisi drainase dan faktor lainnya yang mengakibatkan ruas jalan satu dengan lainnya memiliki perilaku berbeda jika di lewati dengan tegangan berulang kendaraan yang sama.

Kata kunci: Model, Perkerasan, Kendaraan, Lalu Lintas

Abstract 

Damage of flexible roughness is the condition of the asphalt road that was not perfect (well, whole) again. Traffic composition is the value of the volume of traffic per vehicle multiplied with the value of the Vehicle Damage Factor (VDF).Commercial vehicle damage can cause problems on roads, it is caused by vehicle malfunction has a value of Vehicle Damage Factor (VDF) are quite high. According to Hadiyatmo (2007:162), this is caused by exhaustion due to excessive traffic loads that occur repeatedly.

This research aims to find the model of the relationship between the damage of flexible roughness and traffic composition on provincial road in Mojokerto using Bina Marga Method. This research is a type of quantitative research of causality. The target of this research is Mlirip Highway, Magersari-Ngares Kidul Highway, Gempolkerep Highway. Method of data collection by observation and documentation.

The results of this research are: (1) the value of the damage to the roughness of the respective roads, among: Ngareskidul-Magersari from West to East amounting to 145, while from East to West amounting to 90, Mlirip Highway from West to East amounting to 113, while from East to West amounting to 108, Gempolkerep Highway from South to North amounting to 135, while from North to South amounting to 110. (2) the model of the relationship between the damage of flexible roughness and traffic composition on road of Magersari-Ngareskidul is Y = 2,698X + 133.323 with R2 amounting to 0.860, on a section of Highway Mlirip is Y = 0,161X + 112.685 with R2 amounting to 0.846, in the section of the Highway Gempolkerep is Y = 0,748X + 132.546 with R2 amounting to 0.851, on sections combined (Magersari-Ngareskidul Road, Mlirip Highway, Gempolkerep Highway) has nothing relationship between variable traffic compositions and variable damage of roughness if the third section combined, it was indicated by the significant value > 0.05, this could happen possibly due to the difference in environmental conditions such as: thick road roughness, the strength of the soil base, the composition of the constituent material roughness, drainage conditions and other factors that result in roads with each other has different behaviour if it is crossed by repetitive load with the same vehicle.

Keywords: Model, Roughness, Traffic, Vehicle.

Published
2017-03-21
Abstract Views: 33
PDF Downloads: 89