PENGGUNAAN ABU SEKAM PADI SEBAGAI BAHAN SUBSTITUSI FLY ASH PADA MORTAR GEOPOLIMER DENGAN NaOH 8 MOLAR DITINJAU DARI KUAT TEKAN DAN POROSITAS

  • DIMAS FERY SETIAWAN
  • ARIE WARDHONO

Abstract

Tulisan ini membahas tentang beton geopolymer berbasis abu terbang (fly ash) yang kemudian digunakan pula abu sekam padi sebagai bahan substitusi abu terbang dengan beberapa variasi rasio yaitu 2.5%, 5%, 7.5%, 10%, dan 12% serta 0% RHA dan mortar OPC sebagai kontrol. Pada penelitian ini digunakan benda uji mortar geopolymer kubus 5x5x5cm dengan NaOH 8 Molar dan Sodium Silikat sebagai aktivator. Fokus pada penelitian ini yaitu untuk mendapatkan rasio optimum serta pengaruh substitusi RHA terhadap FA pada kuat tekan, porositas dan setting time mortar. Adapun rasio SS/SH sebesar 1.5 dengan kadar solid larutan aktivator (w/s) sebesar 0.45.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa rasio optimum substitusi RHA terhadap FA yaitu sebesar 7.5% dengan hasil kuat tekan saat usia 28 hari sebesar 39.41 MPa dengan porositas terkecil sebesar 11.54%. Penambahan RHA mendapatkan hasil nilai kuat tekan yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan mortar semen sebagai kontrol disebabkan oleh tingginya kandungan silika (Si) pada rice husk ash yang mencapai 79.7% dan juga digunakannya sodium silikat sebagai aktivator kandungan silika pada RHA. Pada penelitian ini dilakukan pengujian kandungan dalam masing-masing bahan utama yang digunakan dengan metode XRF pada material penyusun mortar geopolymer, diantaranya rice husk ash dan fly ash.

Kata Kunci: : Geopolimer, Fly Ash, Rice Husk Ash, Kuat Tekan, Porositas, Mortar.

Published
2019-07-08
Section
Articles
Abstract Views: 54
PDF Downloads: 319