ANALISIS KELAYAKAN EKONOMI PEMBANGUNAN FLY OVER PADA PERLINTASAN KERETA API JPL 166 TONGAS-PROBOLINGGO

  • HAFIZH SATRIA RAMADHAN
  • MAS SURYANTO HS

Abstract

Abstrak

Pembangunan fly over pada perlintasan rel kereta api JPL 166 Tongas-Probolinggo merupakan proyek infrastruktur yang ditujukan untuk menghilangkan tundaan lalu lintas yang terjadi akibat melintasnya kereta api. Pembangunan fly over perlintasan rel kereta api JPL 166 Tongas-Probolinggo juga berperan penting dalam mempercepat pertumbuhan ekonomi masyarakat di Provinsi Jawa Timur, khususnya wilayah di sekitar Kabupaten Probolinggo. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis nilai manfaat (benefit) dan biaya (cost), serta mengetahui kelayakan ekonomi dari rencana pembangunan fly over pada perlintasan rel kereta api JPL 166 Tongas-Probolinggo dengan menggunakan metode Benefit Cost Ratio (BCR).

Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif. Data dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik observasi dan dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data primer serta kondisi lokasi penelitian, sedangkan teknik wawancara digunakan untuk mendapatkan data-data sekunder pendukung dari rencana pembangunan fly over perlintasan jalan raya dan rel kereta api JPL 166 Tongas-Probolinggo.

Hasil dari penelitian ini diperoleh nilai penghematan biaya operasional kendaraan setelah ada fly over pada tahun 2017-2037 sebesar Rp.129.436.909.558,- dan penghematan nilai waktu setelah ada fly over pada tahun 2017-2037 sebesar Rp.95.009.232.376,-. Sedangkan biaya yang harus dikeluarkan untuk pembangunan fly over terdiri dari biaya konstruksi (RAB) sebesar Rp.167.697.766.308,-; biaya pemeliharaan sebesar Rp.1.414.964.417,-; serta biaya tak terduga sebesar Rp.16.769.776.630,-. Hasil dari analisis BCR didapatkan nilai sebesar 1,21. Karena nilai BCR > 1 maka dapat disimpulkan bahwa rencana pembangunan fly over pada perlintasan jalan raya dan rel kereta api JPL 166 Tongas-Probolinggo layak untuk dilaksanakan.

Kata Kunci: Benefit Cost Ratio, manfaat, biaya, nilai waktu, biaya operasional kendaraan

Abstract

Construction of flyover at JPL 166 Tongas-Probolinggo railroad crossings is an infrastructure project aimed at eliminating traffic delays that occur due to the passage of trains. Construction of flyover at JPL 166 Tongas-Probolinggo railroad crossings also have an important role in accelerating the economic growth of the people in East Java Province, especially around Probolinggo Regency. The purpose of this study is to analyze the value of benefits and costs, and to determine the economic feasibility of flyover construction at JPL 166 Tongas-Probolinggo railroad crossings by using the Benefit Cost Ratio (BCR) method.

The method used in this study is a quantitative method. Data is collected by observation, interview and documentation techniques. Observation and documentation techniques are used to collect primary data as well as the condition of the study location, while the interview technique is used to obtain secondary data from the planned construction of JPL 166 Tongas-Probolinggo railroad crossing.

The results of this study were obtained the vehicle operating cost (VOC) savings after construction in 2017-2037 in the amount of Rp.129,436,909,558,- and also obtained the value of time savings after construction in 2017-2037 in the amount of Rp.95,009,232,376,-. While the costs to be incurred for the flyover construction consist of engineers estimate (EE) in the amount of Rp.167,697,766,308,-; maintenance cost in the amout of Rp.1,414,964,417,- and unexpected cost in the amount of Rp.16,769,776,630,-. The results of the BCR analysis obtained a value of 1.21. Because of the BCR value is more than 1, it can be concluded that the plan to build a flyover at JPL 166 Tongas-Probolinggo railroad crossing is feasible.

Keywords: Benefit Cost Ratio, benefits, costs, value of time, vehicle operating costs
Published
2019-07-26
Section
Articles
Abstract Views: 90
PDF Downloads: 391