PENGARUH STYROFOAM (POLYSTYRENE) PADA CAMPURAN RECLAIMED ASPHALT PAVEMENT (RAP) DAN LASTON AC-WC DENGAN FILLER FLYASH

  • KURNIAWAN EKA YUNANTO
  • PURWO MAHARDI

Abstract

Abstrak

Proses pembangunan jalan di Indonesia sebagian besar masih menggunakan cara konvensional, yaitu menggunakan agregat dan aspal dalam jumlah yang besar, hal tersebut jika dilakukan terus menerus dapat menimbulkan permasalahan lingkungan.

Penelitian ini dilakukan dengan meninjau dampak penggunaan Reclaimed Asphalt Pavement (RAP) sebagai pengganti agregat dan penambahan Styrofoam (polystyrene) dalam campuran lapisan AC-WC dengan parameter Marshall. Kadar aspal optimum (KAO) yang digunakan adalah 5,25%. Prosentase penambahan Styrofoam pada campuran aspal sebesar 5%,6% dan 7% dari berat aspal yang digunakan.

Hasil uji Marshall menunjukkan nilai stabilitas optimum pada penambahan plastik 6,0% yaitu sebesar 1278,5 kg dengan mengalami peningkatan sebesar 1,74% dari campuran laston tanpa tambahan Styrofoam. Nilai flow mengalami kenaikan sebesar 6,76%, VFA sebesar 0,65%. Sedangkan nilai MQ mengalami penurunan sebesar 4,82%,VIM 0,14%,VMA 0,12%.

Kata Kunci: Karakteristik Marshall,Styrofoam (polystyrene),Reclaimed Asphalt Pavement (RAP), Laston AC-WC.

Abstract

The process of road construction in Indonesia is mostly still using conventional methods, namely using large amounts of aggregate and asphalt, if done continuously it can cause environmental problems.

This research was conducted by reviewing the impact of the use of Reclaimed Asphalt Pavement (RAP) as an aggregate substitute and the addition of Styrofoam plastic in the AC-WC layer mixture with Marshall. The optimum asphalt level (KAO) used was 5,25%. The percentage of the addition of Styrofoam to the asphalt mixture is 5%, 6%, and 7% of the asphalt weight used.

The Marshall test results show that the optimum value of stability in the addition of 6,0% plastic is 1278.5 kg with an increase of 1,74% from laston mixture without additional Styrofoam. The highest flow value increased by 6,76%, VFA increased 0,65%. While the value of MQ has decreased 4,82%, VIM 0,14%,VMA 0,12%. Keywords: Marshall Characteriscs,Styrofoam (polystyrene), Reclaimed Asphalt Pavement (RAP), Laston AC-WC.
Published
2019-12-18
Section
Articles
Abstract View: 55
PDF Download: 39