PEMODELAN BIAYA DESAIN ANTARA PERKERASAN LENTUR DAN PERKERASAN KAKU BERDASARKAN METODE BINA MARGA 2017

  • MONICA ROSALINA
  • PURWO MAHARDI

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil dari alternatif biaya desain untuk perkerasan lentur dan perkerasan kaku berdasarkan metode Bina Marga 2017. Dalam pembangunan suatu sarana transportasi memerlukan biaya yang tidak sedikit dan metode pelaksanaan yang tepat. Oleh sebab itu, diperlukan perencanaan kontruksi jalan dan perencanaan pekerjaan jalan yang optimal dan memenuhi syarat teknis menurut fungsi, volume maupun sifat lalu lintas sehingga pembangunan kontruksi tersebut dapat berguna maksimal bagi perkembangan daerah sekitarnya. Perencanaan konstruksi jalan raya perlu mempertimbangkan beberapa faktor yaitu seperti jenis beban kendaraan yang melintas, jenis perkerasan, tebal perkerasan, daya dukung tanah dasar, umur rencana, nila Equivalent Standart Axle (ESA), Jumlah Sumbu Kendaraan Niaga (JSKN), dengan nilai ESA dan JSKN yang berbeda maka akan menghasilkan biaya yang berbeda setiap model desain yang direncanakan. Berdasarkan Pemodelan biaya desain dari perkerasan lentur dan perkerasan kaku menghasilkan tiga persamaan, yaitu persamaan regresi linier, persamaan logaritma dan persamaan polinomial. Dari proses ketiga persamaan menghasilkan R2 terbesar yang dihasilkan persamaan logaritma yaitu sebesar 0.96 untuk perkerasan lentur dan 0.95 untuk perkerasan kaku. Masing-masing model desain Y= 20.144,91ln(x)-140.711,34 perkerasan lentur dengan model biaya sebesar Rp 199.582,90. Sedangkan untuk perkerasan kaku model desain y= 21.124,47ln (x)+284.710,61 dengan biaya yang dibutuhkan sebesar Rp 656.300,00.
Published
2019-12-18
Section
Articles
Abstract Views: 58
PDF Downloads: 172