PREDIKSI SISA UMUR PERKERASAN LENTUR BERDASARKAN INTERNATIONAL ROUGHNESS INDEX (IRI) DAN LALU LINTAS HARIAN RATA-RATA (LHR) (Studi Kasus: Ruas Batas Kota Sumenep – Kalianget STA 0+000 – STA 4+580)

  • HABIBAH AJENG FIBRIAN
  • PURWO MAHARDI

Abstract

Jalan merupakan prasaranan transportasi darat yang paling utama dan memiliki peranan penting bagi pengguna jalan. Kondisi ketidakrataan permukaan jalan memiliki peranan yang sangat penting dalam proses pengelolaan maupun pemeliharaan jalan yang nantinya dapat digunakan sebagai acuan dalam menentukan sisa umur perkerasan jalan maupun pemeliharaan jalan.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sisa umur perkerasan lentur berdasarkan International Roughness Index (IRI) maupun berdasarkan Lalu Lintas Harian Rata-Rata (LHR) pada ruas Batas Kota Sumenep-Kalianget STA 0+000 – STA 4+580. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif, data diperoleh dari instansi terkait dan hasil survei peneliti di lapangan.

Hasil penelitian penunjukkan bahwa sisa umur perkerasan lentur berdasarkan International Roughness Index (IRI) sebesar 0.62 tahun atau sekitar 7.44 bulan dan perlu dilakukan pemeliharaan rutin setiap 7.44 bulan untuk STA 0+000 – STA 4+580 agar jalan tetap dalam kondisi baik sampai akhir umur rencana. Berdasarkan data Lalu Lintas Harian Rata-Rata (LHR) dengan umur rencana 20 tahun maka jalan pada tahun 2020 memiliki sisa umur perkerasan sebesar 19.541 tahun dan akan berakhir pada tahun 2039 dengan sisa umur perkerassan sebesar 0 tahun, sehingga agar jalan tetap dalam kondisi baik sebaiknya dilakukan pemeliharaan rutin minimal dua kali dalam satu tahun menurut Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 13/PRT/M/2011 tentang Tata Cara Pemeliharaan dan Penilikan Jalan pemeliharaan

Kata Kunci : IRI, LHR, Sisa Umur Perkerasan.
Published
2020-01-10
Section
Articles
Abstract Views: 89
PDF Downloads: 385