Pengaruh Variasi Tebal (b) Balok Pada Kuat Lentur Balok Bambu Petung Laminasi

  • ALIF HUDIPRASETIA GHOZALI
  • BAMBANG SABARIMAN

Abstract

Abstrak

Bambu laminasi merupakan produk yang terbuat dari bilah-bilah bambu dengan ketebaln antara 4mm-6mm yang direkatkan dengan menggunakan lem/polimer tertentu kemudian di press dengan sistem kempa dingin. Bilah bambu tersebut dapat di susun dengan panjang dan ketebalan tertentu , dan juga dapat di bentuk dengan model tertentu , baik benjadi lembaran , balok atau kolom. Bambu yang berumur 2 sampai dengan 3 tahun adalah bambu yang siap untu di panen, hal ini sangat membantu mengatasi masalah kebutuhan kayu dengan kualitas tinggi namun dengan waktu yang relatif lebih singkat dari kayu struktural konvensional lainnya yg memiliki waktu panen yang relative lebih lama,

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh variasi tebal (b) balok pada kuat lentur bambu petung laminasi serta kekakuan batang pada setiap variasi tebal (b) balok bambu petung laminasi dengan dimensi bilah berukuran sama yaitu 5mmx20mm. Metode penelitian ini menggunakan Metode uji lentur two point loading. Variasi tebal (b) balok bambu petung yang digunakan yaitu 70mmx120mm, 80mmx120mm.

Hasil penelitian menunjukan dengan adanya penambahan variasi tinggi berpengaruh baik dalam hal beban maksimum semakin adanya penambahan variasi tebal (b) semakin tinggi pula beban maksimum, apabila diteliti pada kuat lentur menunjukkan variasi dimensi 80mmx120mm merupakan rasio tinggi paling efektif yaitu sebesar 34,07 MPa dan untuk kekakuan batang pada variasi tinggi 80mmx120mm paling rendah angka kekakuannya sehingga semakin rendah angka kekakuan semakin lentur batang tersebut, serta memenuhi syarat pada kondisi layan dan lendutan ijin berdasarkan SNI-PKKI-2002.

Kata kunci: Bambu, kuat lentur, laminasi



Published
2020-01-20
Section
Articles
Abstract Views: 57
PDF Downloads: 50