PENGARUH SUBSTITUSI LIMBAH MARMER TERHADAP NILAI KUAT TEKAN DRY GEOPOLYMER MORTAR DENGAN METODE WET MIXING BERBAHAN DASAR ABU TERBANG DAN NAOH 10 M

  • DISTI PUTRA SALDI

Abstract

Perkembangan dunia kontruksi sangat berpengaruh pada kebutuhan bahan bangunannya. Hal ini memicu banyaknya penggunaan material bahan bangunan yang tidak ramah lingkungan. Seperti contoh tingginya kebutuhan semen sehingga produksi semen secara terus–menerus memberikan dampak negatif besar terhadap kerusakan lingkungan. Selain itu maraknya limbah yang dihasilkan dari pembakaran batu bara dan pengolahan batuan marmer untuk keperluan interior juga menimbulkan berbagai masalah untuk menanggulangi permasalahan diatas maka alternatif yang digunakan adalah dengan geopolymerisasi yaitu penggatian semen dengan substitusi limbah marmer terhadap limbah hasil pembakaran batu bara yang disebut dengan abu terbang atau fly ash dengan metode wet mixing. Pada penelitian akan dilakukan eksperimen yaitu pengaruh substitusi limbah marmer dengan abu terbang terhadap nilai kuat tekan pada pembuatan dry geopolymer mortar berbahan dasar abu terbang, kapur, limbah marmer dan NaOH 10 Molar.

Penelitian ini didapatkan 7 variasi mix design pembuatan dry geopolymer mortar pada masing masing perbandingan komposisi substitusi limbah marmer terhadap fly ash yaitu MDK (kontrol) dengan komposisi mortar OPC, Mix 1 dengan tanpa komposisi limbah marmer, Mix 2 dengan komposisi limbah marmer sebanyak 0,041 gram, Mix 3 dengan komposisi limbah marmer sebanyak 0,082 gram, Mix 4 dengan komposisi limbah marmer sebanyak 0,123 gram, Mix 5 dengan komposisi limbah marmer sebanyak 0,164 gram, dan Mix 6 dengan komposisi limbah marmer sebanyak 0,205 gram. Mortar geopolymer ini menggunakan cairan aktivator campuran antara kapur dan NaOH perbandingan keduanya yaitu 0,10 dan 0,08 dan dengan molaritas NaOH 10 Molar. Benda uji akan dirawat pada suhu ruangan temperatur normal untuk diuji kuat tekannya.

Hasil pengujian kuat tekan dry geopolymer mortar pada komposisi substitusi limbah marmer terhadap fly ash yang optimum dengan metode wet mixing berbahan dasar abu terbang dan NaOH 10 Molar di tinjau kuat tekan yang tertinggi sebesar 13,09 MPa diumur 28 hari pada campuran limbah marmer 10%.






Published
2020-01-24
Section
Articles
Abstract Views: 48
PDF Downloads: 49