Pengaruh Penggunaan Agregat Beton Daur Ulang dan Asbuton LGA Dalam Pembuatan AC-WC

  • IHDAH KHUSNAYAINI
  • YOGIE RISDIANTO

Abstract

Limbah beton merupakan limbah yang dihasilkan dari penghancuran struktur beton pada proses pembangunan ataupun renovasi bangunan. Limbah beton mutu tinggi seperti limbah tiang pancang dapat dimanfaatkan sebagai pengganti agregat pada perkerasan jalan. Asbuton LGA adalah aspal alam yang berasal dari pulau Buton yang pemanfaatanya belum cukup optimal dan populer di Indonesia, maka dari itu asbuton LGA dapat dimanfaatkan sebagai pengganti agregat dalam pembuatan perkerasan jalan. Penggunaan limbah beton dan asbuton LGA sebagai pengganti agregat dalam pembuatan perkerasan jalan dapat mengurangi penggunaan material agregat alami batu pecah yang merupakan sumberdaya alam yang tidak dapat diperbaharui. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari pengunaan limbah beton dan asbuton LGA sebagai agregat dalam pembuatan AC-WC.

Pada penelitian ini membahas tentang pengaruh dari penggunaan limbah beton dan asbuton LGA sebagai agregat dalam campuran AC-WC, dengan parameter pengujian dari karateristik marshall yaitu stabilitas, Void in Mix, Void in Mineral Agregate, Void Filled with Bitumen, Flow, dan Marshall Quotient. Penelitian dilakukan secara eksperimental dengan kadar aspal pen 60/70 yaitu 4%, 4.5%, 5%, 5.5%, 6%, 6.5%, dan 7% untuk mencari kadar aspal optimum (KAO).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa campuran AC-WC dengan gradasi butiran agregat 30% coarse agregat limbah beton, 36% medium agregate asbuton LGA, 26% fine agregate limbah beton, dan 8% filler fly ash diperoleh kadar aspal optimum (KAO) 5,0%. Pengaruh penggunaan limbah beton dan asbuton LGA sebagai agregat ditinjau dari karateristik marshall yaitu nilai stabilitas sebesar 1775 kg ,VIM sebesar 3,99%, VFB sebesar 66,12%, flow sebesar 3,4 mm, dan MQ sebesar 601,70 kg/mm. Sedangkan untuk karateristik marshall yang tidak memenuhi spesifikasi adalah VMA.

Kata Kunci: : AC-WC, Limbah Beton, Asbuton LGA, Karateristik Marshall, Kadar Aspal Optimum.

Published
2020-07-07
Section
Articles
Abstract Views: 70
PDF Downloads: 38