The

  • Erlis Setya Ningrum Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Kualitas Box culvert bagi dunia konstruksi sangat penting mengingat kegunaan box culvert sendiri untuk konstruksi jalan, jembatan serta gorong-gorong. Seringkali mutu box culvert terganggu karna banyak retak-retak yang terdapat pada produk tersebut, dikarenakan mutu beton kurang atau proses dalam pembuatan box culvert yang kurang sesuai dari spesifikasi, maka dari itu penelitian ini bertujuan mengetahui kegagalan mutu box culvert, mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi kerusakan/kecacatan pada produk box culvert serta mengetahui bagaimana solusi untuk menangani kerusakan/kecacatan dari produk tersebut dengan menerapkan statistical process control dengan 7 alat untuk memecahkan masalah tersebut. 7 alat tersebut terdiri dari, diagram alir (flowchart), lembar pemeriksaan (Check Sheet), diagram pareto, diagram sebab akibat, histogram, diagram pencar (Scatter Diagram), serta peta kendali, dengan mengumpulkan 100 data yang ada dilapangan. Metode yang akan digunakan ialah studi pendahuluan, pengumpulan data, identifikasi masalah, menemukan penyebab, mempelajari faktor yang berpengaruh, merencanakan langkah perbaikan, menerapkan langkah perbaikan, pengambilan data primer, analisis data/meneliti hasil, dan simpulan hasi pengendalian mutu ini bahwa penerapan SPC untuk permasalahan mutu beton box culvert terlihat dari diagram pareto, masalah tebanyak yaitu keretakan 80,85% pada produk, yang disusul dengan gupil sebesar 10,64%, dimensi dan keropos yang terendah adalah 4,25%. Faktor yang mempengaruhi kerusakan produk terlihat dari diagram sebab akibat yaitu paling banyak dari faktor mesin atau alat, yang kedua adalah faktor human error yang bukan tenaga ahli di bidangnya. Solusi untuk masalah tersebut melakukan perbaikan dengan mengganti alat cetak dengan yang baru terbuat dari baja, serta menerapkan perawatan beton pasca produksi dengan acuan SNI 03-6966-2003 box culvert.
Kata kunci: kualitas, box culvert, Statistical Process Control (SPC)

Section
Articles
Abstract Views: 69
PDF Downloads: 214